Lawan Indonesia di 16 Besar Piala Asia, Siapa Ketemu Siapa Selengkapnya

Gilabola.com – Timnas Indonesia dipastikan lolos ke tahap 16 besar Piala Asia setelah pertandingan Kirgizstan vs Oman usai dengan skor imbang 1-1. Hasil satu poin menyebabkan Oman gagal menggusur Indonesia dari posisi keempat klasemen tim urutan ketiga.

Sebagai hasilnya, Indonesia akan menghadapi Australia pada babak 16 besar Piala Asia dengan pasukan Shin Tae-yong itu hanya punya waktu dua hari saja untuk mempersiapkan anak buahnya, yang pada saat ini tengah merayakan kelolosan mereka.

Laga kontra tim Kanguru akan terjadi pada 28 Januari mendatang di Jassim bin Hamad Stadium. Pemenang dari laga Australia vs Indonesia akan menjumpai pemenang Arab Saudi vs Korea Selatan. Inilah daftar selengkapnya siapa ketemu siapa.

Indonesia Berpeluang Ketemu Son Heung-min Jika Kalahkan Australia

  • Australia vs Indonesia
  • Tajikistan akan bertemu Uni Emirat Arab
  • Irak bertemu Yordania
  • Qatar menjumpai Palestina
  • Uzbekistan ditantang oleh Thailand
  • Arab Saudi vs Korea Selatan
  • Bahrain ketemu Jepang
  • Iran jumpa Suriah

Tidak terlihat pada daftar di atas, tapi skema sistem gugur mempertemukan pemenang Australia vs Indonesia dengan pemenang Arab Saudi vs Korea Selatan.

Namun sebelum bermimpi ketemu Son Heung-min dan rekan-rekannya pada babak perempat final Piala Asia, kita harus terlebih dulu mampu mengalahkan Australia.

Negeri Kanguru itu merupakan mantan juara 2015, serta pernah menjadi tim juara kedua pada turnamen 2011. Jadi ini sama sekali bukan lawan yang enteng bagi tim Garuda kita.

Penjelasan Soal Klasemen Tim Urutan Ketiga Piala Asia

Mengapa dibutuhkan klasemen tim urutan ketiga terbaik di ajang Piala Asia? Karena hanya ada enam grup, A sampai F. Jadi hanya ada enam juara grup dan enam runner-up grup. Total 12 tim.

Padahal tahap pertama sistem gugur terdiri dari 16 tim. Namanya saja 16 besar, atau last 16 kalau ditulis dalam bahasa Inggris. Jadi dari mana empat tim tambahan didapatkan? Dari tim-tim yang finish pada urutan ketiga dari tiap grup.

AYO JOIN CHANNEL WHATSAPP GILABOLA.COM UNTUK MENDAPATKAN UPDATE TERBARU SEPUTAR SEPAK BOLA! KLIK DI SINI GIBOLERS!

Mereka diurutkan menurut nilai yang diperolehnya dari tiga laga grup. Nilai terbanyak teratas, terus demikian sampai nilai terendah. Jika ada poin sama, selisih gol akan menentukan, siapa di atas dan siapa di bawah.

Posisi klasemen urutan ketiga terbaik Piala Asia di Qatar ini adalah sebagai berikut:

  1. Yordania, 4 poin, selisih gol 6:3
  2. Palestina 4, 5:5
  3. Suriah 4, 1:1
  4. Indonesia 3, 3:6
  5. Oman 2, 2:3
  6. China 2, 0:1

Anda bisa melihat pada daftar klasemen di atas bahwa kita nyaris saja gagal lolos. Skor Kirgizstan vs Oman itu terjaga 0-1 sampai dengan menit 79, sebelum negeri Asia Tengah itu mencetak gol pada menit 80.

Dengan skor 1-1 terjaga sampai akhir, hanya satu poin yang diperoleh Oman, total dua, dan mereka menempati ranking kelima, satu posisi di bawah Indonesia.