Liverpool Coret Kiper 36 Tahun Demi Winger 17 Tahun Untuk Kompetisi Eropa

Gila BolaJurgen Klopp membuat keputusan yang sangat berat mencoret kiper Spanyol 36 tahun demi memasukkan nama seorang winger asal Skotlandia berumur 17 tahun dari daftar skuad Liverpool untuk kompetisi Liga Europa.

Liverpool baru saja mengumumkan deretan pemain yang mereka pilih untuk berlaga di Liga Europa, usai finish pada ranking kelima Liga Inggris akhir musim 2022/23 silam, dan gagal lolos ke Liga Champions untuk pertama kalinya sejak beberapa tahun terakhir.

Ben Gannon Doak, kelahiran 11 November 2005, masuk tim. Ia sudah sejak lama digadang-gadang sebagai pemain bintang berikutnya. Tetapi masuknya Ben Doak menyebabkan kiper Adrián San Miguel del Castillo dicoret.

Ben Doak Masih 17 Tahun, Harusnya Masuk Daftar B?

Dalam kompetisi Eropa ada yang namanya Daftar B, atau List B dalam bahasa Inggris. Ditujukan untuk para pemain yang tidak perlu masuk ke dalam daftar skuad utama tim, asalkan dia masih berumur di bawah 21 tahun dan sudah dua tahun bergabung dengan tim.

Ben Doak yang saat ini masih 17 tahun baru saja datang ke Anfield pada Maret 2022, jadi belum dua tahun bersama-sama The Reds. Ia merupakan pemain yang sangat diperhitungkan untuk masa depan Liverpool, jadi sangat disayangkan tidak bisa masuk ke dalam List B tim.

Ben Doak bisa masuk ke dalam skuad utama? Bisa, tetapi itu berarti harus ada satu nama pemain utama yang dicoret. Dan Klopp memutuskan untuk mencoret nama Adrian, yang merupakan pahlawan the Reds dalam laga Piala Super Eropa kontra Chelsea pada Agustus 2019, saat ia mengagalkan tendangan penalti Tammy Abraham, eksekutor terakhir tim biru.

Bagaimana Nasib Adrian Selanjutnya?

Sang kiper Spanyol berumur 36 tahun itu masih bisa masuk skuad utama, asalkan dua dari daftar kiper utama mengalami cedera jangka panjang atau sakit selama laga-laga penyisihan grup.

Saat ini ada tiga kiper utama yang didaftarkan, yaitu Alisson, Caoimhin Kelleher, dan Vitezslav Jaros asal Ceko. Dua nama terakhir tercatat sebagai jebolan akademi klub. Guna memenuhi kuota aturan pemain didikan sendiri.

Untuk para pemain bertahan klub, mereka adalah Joe Gomez, Trent Alexander-Arnold, Virgil van Dijk, Ibrahima Konate, Kostas Tsimikas, Andy Robertson, dan Joel Matip. Dua nama pertama adalah hasil didikan akademi sendiri.

Daftar pemain tengah: Wataru Endo, Thiago Alcantara, Dominik Szoboszlai, Alexis Mac Allister, Curtis Jones (jebolan akademi sendiri), Ryan Gravenberch, Bobby Clark.

Pemain depan: Luis Diaz, Darwin Nunez, Mohamed Salah, Cody Gakpo, Diogo Jota, dan Ben Doak.

List B kemungkinan berisi nama-nama: Harvey Elliott, Stefan Bajcetic, Marcelo Pitaluga, Calum Scanlon, Kaide Gordon, Isaac Mabaya, James McConnell, Lewis Koumas, Jarell Quansah, Conor Bradley, Harvey Blair, Oakley Cannonier, Luke Chambers, Mateusz Musialowski, dan Melkamu Frauendorf.

Siapa Sajakah Lawan Liverpool di Tahap Grup Liga Europa?

The Reds masuk ke dalam Grup E Liga Europa pada musim yang baru ini. Tiga musuh di tahap ini adalah LASK Austria, Royale Union Saint-Gilloise asal Belgia dan Toulouse dari Liga Perancis.

Ketiga tim ini terhitung mudah di atas kertas, dengan Klopp dan anak buahnya terhindar dari tim-tim sulit seperti Marseille, Sporting CP, atau Sheriff Tiraspol. Reds diharapkan akan lolos sebagai juara grup.

Kapan Saja Jadwal Pertandingan Liverpool di Tahap Grup?

Laga pertama Virgil van Dijk dan rekan-rekannya akan terjadi pada 21 September 2023 mendatang saat tandang ke LASK di Austria.

Matchday kedua Liverpool terjadi 5 Oktober saat menyambut kedatangan Royale Union Saint-Gilloise di Anfield, sebelum menerima kunjungan Toulouse pada 26 Oktober.

Setelah itu matchday keempat akan berlangsung di Perancis, dilanjutkan dengan laga kandang menyambut LASK dan ditutup dengan matchday keenam di Belgia.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!