Liverpool Tunggu Menit-menit Sakti Untuk Kalahkan Skuad Marco Silva Nanti Malam

Gila Bola – Liverpool, seperti yang terlihat dari laga-laga mereka sebelum ini, akan main sabar serta menunggu sampai menit 75 dan setelahnya untuk mengalahkan Fulham pada semifinal leg pertama Carabao Cup yang akan berlangsung di Anfield.

Dalam 28 pertandingan di semua kompetisi musim 2023/24 ini, Reds menyarangkan 34 GOL-GOL TELAT, yakni yang terjadi setelah menit ke-75. Itulah salah satu taktik permainan dari Jurgen Klopp, menunggu sampai kaki-kaki lelah lawan menyerang, baru mencatatkan gol.

Kita akan melihat beberapa pertandingan terakhir Liverpool untuk bisa yakin bahwa taktik itulah yang mereka mainkan, dan beberapa akan melibatkan pemain pengganti.

Kemenangan Liverpool Kontra Arsenal dan Newcastle Libatkan Gol-gol Telat

Ambil contoh laga terakhir Trent Alexander-Arnold dan rekan-rekannya melawan Arsenal di ajang Piala FA, saat mereka menyingkirkan skuad Mikel Arteta itu dengan dua gol.

Gol pertama terjadi dalam bentuk bunuh diri Jakob Kiwior terjadi pada menit, tahu kapan? Menit 80. Itu diawali tendangan bebas oleh Alexander-Arnold di sisi kanan kotak, yang coba dibersihkan sang pemain Polandia dengan sundulan.

Tapi Kiwior mungkin tidak pernah belajar soal momentum fisika benda bergerak saat sekolah SMA, dengan bola terlalu kuat untuk dihentikan, malah berbelok ke gawangnya sendiri dan mengecoh kiper Aaron Ramsdale.

Gol kedua datang dari Luis Diaz. Tahu menit berapa? Menit kelima injury time. Skor dua gol tanpa balas dan itu terjadi justru di hadapan para pendukung the Gunners di Emirates Stadium.

Hal serupa terjadi dalam kemenangan 4-2 atas Newcastle United di ajang Liga Inggris, selang lima hari sebelum kemenangan atas the Gunners tadi.

Skor menunjukkan 2-1 saat pertandingan memasuki menit 75, dengan Curtis Jones baru saja menyarangkan gol kedua the Reds selang semenit sebelumnya dengan bantuan assist dari Diogo Jota.

Cody Gakpo kemudian menjauhkan jarak dengan gol ketiga menit 78 dengan assist dari Mohamed Salah, yang dengan cepat ditipiskan oleh Sven Botman dalam waktu tiga menit kemudian.

Tetapi masih ada banyak waktu! Dan Salah sang penyerang Mesir tidak bikin salah saat menyarangkan gol penalti, tahu menit berapa? Menit 86 pertandingan itu, yang memastikan skor 4-2 bertahan sampai akhir.

Jota dan Gakpo adalah pemain pengganti dalam pertandingan di Anfield melawan anak buah Eddie Howe tersebut. Klopp memasukkan kedua pemain itu, plus Ryan Gravenberch pada menit 64. Setelah 10 dan 15 menit panas, terjadilah gol-gol.

Gol-gol Liverpool Kontra Burnley, West Ham Juga Gol-gol Telat

Tidak cukup dua contoh? Mari kita lihat laga tandang the Reds di Burnley pada 27 Desember 2023 kemarin. Skor 0-2. Gol pertama sih terjadi menit keenam oleh Darwin Nunez, tapi gol kedua coba lihat menit berapa itu? Menit 90 oleh Diogo Jota.

Sang pencetak gol, Jota, baru enam menit masuk ke lapangan Turf Moor dan sedang ganas-ganasnya serta panas-panasnya. Ia memanfaatkan kaki-kaki segarnya untuk mencetak gol.

Pemberi assist, Luis Diaz, juga baru saja masuk lapangan 23 menit sebelum peluit panjang. Ia masuk bersama Curtis Jones dan juga Dominik Szoboszlai.

Lihat bagaimana Klopp selalu menggunakan menit-menit sakti, menit 64, menit 67, untuk melakukan rotasi. Semua demi menjamin ada gol-gol telat ke gawang lawan.

Satu contoh lagi. Janji, ini yang terakhir. Kemenangan atas West Ham United di ajang perempat final Carabao Cup pada 21 Desember 2023. Skor akhir 5-1.

Dua gol terakhir the Reds terjadi pada menit 82 dan 84 oleh Curtis Jones dan Mohamed Salah. Jones memang turun sebagai starter sejak menit pertama, tapi tidak demikian dengan Mo Salah yang baru dimainkan pada menit-menit sakti, menit 60.

Pemberi dua assist untuk dua gol terakhir itu adalah Trent Alexander-Arnold, yang juga baru dimainkan pada menit-menit sakti, menit 60 itu.

Jadi, sudah tahu kan bagaimana cara Jurgen Klopp mengecoh manajer lawan, Marco Silva, guna mencetak gol-gol telat pada laga nanti malam di Anfield.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!