Nah Kan, Muncul Keberatan Dari Tim Ukraina Soal Penundaan Laga Eropa di Israel

Gilabola.com – Emangnya di Israel doang yang perang! Kami sudah berperang selama 10 tahun terakhir! Kira-kira begitulah reaksi tim Ukraina ini setelah melihat pengumuman penundaan laga Maccabi Tel Aviv vs Zorya Luhansk yang seharusnya dimainkan 26 Oktober 2023, minggu depan.

UEFA memutuskan untuk melakukan penundaan laga Maccabi vs Zorya itu setelah mencermati perkembangan perang yang melibatkan negeri Bintang David itu selama dua pekan terakhir melawan kelompok militan Hamas di Jalur Gaza.

Perang itu bisa melebar melibatkan kelompok Hezbollah di Lebanon Selatan setelah kedua belah pihak sudah saling melepaskan serangan roket dan amunisi lain selama hari-hari terakhir ini.

Situasi itu mencemaskan dan membuat UEFA bukan saja menunda laga Maccabi vs Zorya itu, tetapi juga memerintahkan tim Israel tersebut mencari lokasi kandang sementara di luar negerinya.

Kapan Seharusnya Laga Maccabi Tel Aviv vs Zorya Luhansk Dimainkan?

Pertandingan Conference League Grup B itu seharusnya dimainkan Kamis malam waktu setempat (26/10) atau Jumat dinihari WIB (27/10) di Bloomfield Stadium di kota Tel Aviv.

Kota ini sendiri selama beberapa hari terakhir sudah menderita serangan-serangan roket Hamas yang dilepaskan dari wilayah Jalur Gaza.

Maskapai-maskapai asal Asia sudah membatalkan semua penerbangan ke dan dari Ben Gurion Airport, bandara yang berjarak kira-kira 21 kilometer atau setara 24 menit berkendara mobil dari Bloomfield Stadium. Itu bisa menjadi pertanda betapa mencemaskannya perkembangan di wilayah tersebut.

Masalah Serupa Juga Terjadi di Liga Europa, Melibatkan Maccabi Haifa

Selain laga Maccabi vs Zorya, penundaan serupa dan perintah mencari kandang di luar Israel juga dikirimkan ke tim Maccabi Haifa yang tengah berkompetisi di Liga Europa.

Bedanya, Villarreal yang menjadi calon lawan Maccabi Haifa berasal dari negara Spanyol yang jauh lebih stabil dan tidak terlibat peperangan dengan pihak mana pun. Namun Elsubmarino Amarillo akan merasakan keuntungan dari perpindahan kandang tim asal Negara Bintang David tersebut.

Penundaan laga-laga Conference League itu sudah menimbulkan konflik dengan jadwal Liga Ukraina, yang saat ini sudah dimainkan di luar negara mereka akibat perang dengan Rusia yang sudah berlangsung selama dua tahun di wilayah timur negeri itu.

Namun sebenarnya perang Ukraina vs Rusia sudah berumur 10 tahun, jika dihitung sejak negara di bawah arahan Vladimir Putin itu mencaplok semenanjung Crimea pada 2014.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!