Perancis dan Belanda Pastikan Diri Lolos dari Grup B Kualifikasi Euro 2024

Gilabola.com – Sudah pasti Perancis dan Belanda adalah dua tim yang akan mewakili Grup B kualifikasi Euro 2024 melenggang ke putaran final Juni-Juli 2024 nanti di Jerman. Keduanya menang tadi malam.

Les Bleus menang dengan rekor 14 gol tanpa balas atas tim paling cemen yang sudah menderita 35 gol kebobolan tanpa satu kali pun berhasil mencetak gol memasukkan, Gibraltar. Sedangkan Oranje menang dengan satu gol saja atas Republik Irlandia pada jam yang sama tadi malam, namun juga memastikan diri lolos.

Perancis 21 poin, Belanda 15 poin. Sedangkan Yunani yang sudah memainkan tujuh pertandingan duduk di posisi ketiga dengan 12 poin, tinggal menunggu matchday terakhir grup selang tiga hari lagi. Tahu lawan siapa? Skuad Didier Deschamps.

Belanda Unggul Head-to-head Atas Yunani

Kalau pun Yunani berhasil menaklukkan Kylian Mbappe dan rekan-rekannya pada hari terakhir, mereka tidak akan bisa menyingkirkan Virgil van Dijk dari posisi kedua Grup B. Tahu alasannya? Karena dua head-to-head sebelum ini berujung dengan kemenangan Oranje.

Cody Gakpo dan rekan-rekannya menang 0-1 di OPAP Arena (Athens) pada matchday sebelum ini, Oktober 2023 kemarin, setelah sebelumnya menang 3-0 di Philips Stadion di Eindhoven pada bulan September.

Penentuan siapa di atas dan siapa di bawah dalam klasemen kualifikasi Piala Eropa ini memang menganut filosofi head-to-head, bukan koleksi poin terbanyak dan selisih gol seperti yang kita lihat di Piala Dunia U17 di Indonesia.

Mbappe 3 Gol, Coman dan Giroud 2 Gol, Sisanya Bagi Rata Pemain Perancis

Tiga gol oleh bintang muda PSG Kylian Mbappe serta dua gol masing-masing oleh pemain Bayern Munchen Kingsley Coman serta pemain tua Olivier Giroud mengambil tujuh dari 14 gol memasukkan timnya.

Sisa enam gol Les Bleus itu dibagi rata oleh Marcus Thuram, Warren Zaire-Emery yang masih 17 tahun, lalu Jonathan Clauss, dan Youssouf Fofana. Kemudian tambahan Adrien Rabiot dan Ousmane Dembele pada babak kedua.

Satu sisanya gol bunuh diri pemain Gibraltar Ethan Santos saat pertandingan belum lagi berumur tiga menit. Pemain yang sama kena kartu merah usai gol Zaire-Emery setelah menginjak tumit sang pemain 17 tahun itu beberapa detik sebelum ia mengirim bola ke gawang lawan.

Tujuh gol terjadi selama babak pertama, dengan tujuh sisanya menyusul terjadi pada paruh kedua pertandingan yang berlangsung di Allianz Riviera di kota Nice tersebut. Skor 14-0 itu merupakan skor tertinggi yang terjadi pada kualifikasi Piala Eropa 2024 ini. Mungkin juga di sepanjang sejarah kualifikasi.

Belanda Menang Melalui Gol Tunggal Wout Weghorst

Tim Oranje di bawah arahan Ronald Koeman memanfaatkan laga kandangnya di Johan Cruijff Arena di kota Amsterdam untuk menang atas Republik Irlandia. Satu-satunya gol tuan rumah terjadi menit 12 dengan bantuan assist oleh Stefan de Vrij.

Belanda membuang-buang terlalu banyak peluang yang ditandai oleh 18 upaya gol dan lima serangan tepat sasaran, tapi hanya ada satu gol. Seharusnya mereka mencatatkan setidaknya dua gol karena angka xG mencapai 1,43.

Matt Doherty dan rekan-rekannya sudah tidak mungkin lolos. Koleksi nilainya cuma enam dan menempati posisi keempat grup, enam poin di bawah Yunani.

Baca berita dan artikel lainnya di Google News