Qatar Juara Piala Asia Back-to-Back, Akram Afif Hattrick Penalti

Gila Bola – Hasil Yordania vs Qatar di final Piala Asia yang berlangsung di Lusail Stadium, Sabtu (10/2) malam, berakhir dengan skor 1-3.

Kemenangan di malam final ini berhasil membawa The Maroons pertahankan gelar juara Piala Asia mereka di dua edisi beruntun.

Qatar meraih sukses di laga ini lewat tiga gol penalti Akram Afif yang dibukukannya di menit ke-22, 73 dan 90+5.

Sedangkan Yordania, awalnya berhasil samakan kedudukan 1-1 lewat gol indah Yazan Al-Naimat di menit ke-67. Namun mereka kesulitan untuk menambah koleksi gol setelah itu, dan pelanggaran yang dilakukan pemainnya justru membuahkan keuntungan untuk tim tuan rumah.

Akram Afif yang sukses mencetak hattrick – seluruhnya dari titik putih, kini tercatat sudah kantongi delapan gol di turnamen empat tahunan ini. Penyerang Al-Sadd itupun menjadi top skorer singkirkan bintang Irak, Aymen Hussein, yang harus angkat koper di babak 16 besar.

Di samping itu, Qatar juga menjadi negara kelima yang berhasil amankan gelar juara back-to-back setelah Arab Saudi, Iran, Korea Selatan dan Jepang.

Yordania, Tim Kuda Hitam yang Sukses Melaju ke Final

Sedangkan Yordania, penampilan mereka hingga ke final di Piala Asia kali ini sungguh tak pernah dibayangkan sebelumnya. Mereka menjadi tim kuda hitam yang sama sekali tak difavoritkan untuk berlaga di babak akhir turnamen ini.

Yordania sebelumnya gagal menang dalam tiga penampilan di babak sistem gugur Piala asia sebelumnya, hingga akhirny berhasil merasakan kesuksesan melaju ke final di edisi kali ini, meskipun gagal menjadi juara.

AYO JOIN CHANNEL WHATSAPP GILABOLA.COM UNTUK MENDAPATKAN UPDATE TERBARU SEPUTAR SEPAK BOLA! KLIK DI SINI GIBOLERS!

Yordania sebelumnya disingkirkan Jepang dan Uzbekistan di babak perempatfinal, masing-masing di Piala Asia 2004 dan 2011, sebelum kalah dari Vietnam lewat drama adu penalti di babak 16 besar Piala Asia 2019. Namun, kali ini The Chivalrous berhasil melaju ke final, meski harus menyerah kalah di tangan tuan rumah.

Qatar Sudah Mengancam Sejak Awal Laga

Kedua tim berusaha tampil menyerang sejak kickoff, namun Qatar berhasil mengancam gawang Yordania lebih dulu, saat laga baru berjalan tujuh menit.

Tendangan kaki kiri Akram Afif dari sudut sempit nyaris membuat gawang Yordania kebobolan, tapi bola berhasil diamankan kiper Yordania.

Sedangkan Yordania, baru mendapat peluang pertama di menit ke-16, sayang tendangan kaki kanan Yazan Al-Naimat berhasil digagalkan kiper tuan rumah.

Dilanggar Pemain Yordania, Akram Afif Samai Koleksi Gol Top Skorer

Qatar lalu mendapat peluang penalti setelah Akram Afif dilanggar Abdallah Nasib di area penalti. Afif yang langsung menjadi eksekutor sukses membawa Qatar unggul 1-0 di menit 22. GOL!

Gol inipun membuat Afif sukses samai koleksi gol top skorer di Piala Asia edisi ini, Aymen Hussein, yang sebelumnya menjadi pencetak gol terbanyak dengan enam gol.

Qatar kembali mendapat peluang gol 11 menit kemudian lewat sundulan kepala Lucas Mendes dari tengah area penalti. Namun, peluang yang berasal dari assist Akram Afif ini gagal menggandakan skor Qatar.

Yordania Tampil Lebih Ngotot Usai Kebobolan

Mahmoud Al-Mardhi nyaris membawa Yordania samakan kedudukan tepat di menit 45, sayang tendangannya melambung di atas mistar Qatar.

Bahkan dua peluang Mousa Al-Taamari di masa injury juga tak membuahkan hasil. Laga di babak pertama pun ditutup dengan keunggulan Qatar, 1-0.

Di babak pertama ini, Yordania unggul dalam ball possession dengan perbandingan 51:49. Namun, Qatar berhasil melepas lima kali tembakan dan empat di antaranya on target, sedangkan Yordania, lepaskan empat tembakan dan hanya satu yang on target.

Yazan Al-Naimat Sukses Cetak Gol Indah Penyama Kedudukan

Yordania langsung tancap gas sejak awal babak kedua. Mereka ngotot mencetak gol penyama kedudukan, tetapi kesulitan menyelesaikan peluang yang tercipta.

Kerja keras Yordania akhirnya membuahkan hasil di menit ke 66 saat Yazan Al-Naimat berhasil mengontrol umpan silang Ehsan Haddad dan langsung menyarangkan bola ke gawang Qatar dengan kaki kirinya. GOL!! 1-1!

Qatar mendapat hadiah penalti kedua setelah VAR menunjukkan pelanggaran telah dilakukan Mahmoud Al-Mardhi di area penalti.

Akram Afif yang tampil sebagai eksekutor kembali berhasil menjebol gawang Yordania dari titik putih di menit 73. GOL!!

Alih-alih samakan kedudukan setelah tertinggal 1-2, gawang Yordania kembali kebobolan di masa injury 90+5. Berawal dari insiden benturan antara Afif dan kiper Yordania, Yazeed Abulaila di area penalti.

Wasit sempat berkonsultasi dengan VAR, tetapi ia kemudian menunjuk titik putih dan tuan rumah kembali mendapat hadiah penalti. Akram Afif yang kembali tampil sebagai eksekutor pun sukses menyarangkan bola dan menambah koleksi gol Qatar menjadi 3-1.

Susunan Pemain Yordania vs Qatar

  • Yordania (3-4-3): Yazeed Abulaila; Abdallah Nasib, Yazan Al Arab, Salem Al Ajalin; Ehsan Haddad, Nizar Al-Rashdan, Noor Al-Rawabdeh, Mahmoud Al-Mardhi; Mousa Al-Taamari, Yazan Al-Naimat, Ali Olwan.
  • Qatar (3-5-2): Meshaal Barsham; Lucas Mendes, Al-Mahdi Ali Mukhtar, Tarek Salman; Mohammed Waad Abdulwahhab, Hassan Al Haidos, Ahmed Fathy, Jassem Gaber, Yusuf Abdurisag; Akram Afif, Almoez Ali.