Liverpool Ambil Alih Kembali Puncak Klasemen Liga Inggris

Gila BolaLiverpool hanya memberi Manchester City waktu 2,5 jam saja untuk menguasai puncak klasemen Liga Inggris, menyusul kemenangan pasukan Pep Guardiola itu atas Everton.

The Reds mengambil alih kembali puncak klasemen Premier League dengan kemenangan atas Burnley, jelang tengah malam Sabtu (10/2), dengan tiga gol dari Diogo Jota dan kemudian Luis Diaz, sebelum dan sesudah gol balasan dari Dara O’Shea. Serta satu gol Darwin Nunez jelang akhir.

Berkat tiga poin ini skuad Jurgen Klopp itu meraih total nilai 54, dua poin dan satu posisi di atas Manchester City.

Posisi Atas dan Bawah Klasemen Liga Inggris

  1. Liverpool sudah 24 kali bermain, poin 54
  2. Man City 23, 52
  3. Arsenal 23, 49
  4. Aston Villa 23, 46

Perlu diketahui bahwa meskipun the Reds memiliki keunggulan dua poin di atas the Skyblues, namun Liverpool memainkan satu pertandingan lebih banyak.

Atau dengan kata lain, jika tim biru langit memainkan jumlah laga yang sama dengan tim merah maka besar kemungkinan posisi tertukar satu kali lagi.

Sementara itu di dasar klasemen Burnley semakin terpuruk dengan koleksi nilai hanya 13 poin, dan sama poin dengan Sheffield United menyusul kemenangan the Blades atas rekan sesama tim promosi Luton Town.

Bagaimana Cara Liverpool Mengungguli Burnley?

Dominasi bola secara luar biassa, melebihi 70 persen, serta 21 kali percobaan serangan, dengan sembilan kali terarah tepat sasaran ke gawang the Clarets. Tiga menjadi gol.

Tiga gol cukup layak mengingat angka xG atau harapan gol tim merah itu mencapai 2.02, jika menghitung jumlah serangan dan juga jumlah shots on target tuan rumah pada pekan ke-24 pertandingan kompetisi teratas sepak bola Inggris ini.

Bandingkanlah itu dengan pasukan Vincent Kompany yang memiliki kurang dari 30 persen dominasi bola, dan kemudian mencatatkan sembilan kali upaya gol, empat on target ke gawang kiper cadangan Caoimhin Kelleher, satu menjadi gol.

Ada delapan kali sepak pojok dari skuad tuan rumah, yang menunjukkan tingginya jumlah serangan mereka. Namun itu diimbangi enam penyelamatan penting oleh kiper the Clarets, James Traffordd, yang mencegah mereka kebobolan lebih banyak gol.

Liverpool akan tandang ke Brentford pada pekan selanjutnya, mencoba menjauhkan diri dari kejaran skuad Guardiola itu, usai mereka kalah mengenaskan 3-1 di Arsenal pekan lalu.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!