Sebelum Debut Dengan Timnas Inggris, Eddie Nketiah Ditawari Ganti Kewarganegaraan

Gila Bola – Penyerang Arsenal, Eddie Nketiah, akan melakukan debutnya bersama tim nasional Inggris melawan Australia pada Sabtu (14/10) dinihari nanti, namun pelatih Ghana, Chris Hughton, masih ingin merekrut pemuda ini untuk bergabung dengan negara asal nenek moyangnya.

Pelatih Ghana, Chris Hughton, tetap berharap bisa membujuk Eddie Nketiah untuk mengubah kewarganegaraan dalam beberapa bulan mendatang.

Eddie Nketiah, yang kini telah berusia 24 tahun, telah mewakili timnas Inggris di tingkat pemuda dan bahkan menjadi pencetak gol terbanyak untuk tim U-21. Ia akan segera melakukan debut senior untuk Inggris setelah dipanggil masuk dalam skuad yang akan menghadapi Australia pada Sabtu dan Italia pekan depan.

Penyerang Arsenal ini sebelumnya telah disebut sebagai target potensial untuk skuad Black Stars karena ia juga memenuhi syarat untuk mewakili Ghana melalui orang tuanya. Dan tampaknya Hughton masih berharap bisa merebut Nketiah dari The Three Lions.

Menurut The Sun, Nketiah tetap berada dalam radar Ghana dan masih bisa berganti kewarganegaraan meskipun ia bermain melawan Australia.

Aturan saat ini, pemain dapat mengubah kewarganegaraan internasional mereka selama mereka belum tampil dalam pertandingan kompetitif – yang berarti Nketiah tidak akan bisa berpindah kewarganegaraan lagi dan mewakili Ghana jika ia bermain dalam pertandingan kualifikasi Euro 2024 melawan Italia pekan depan bersama timnas Inggris.

Bulan lalu Nketiah mengungkapkan betapa bangganya dirinya dan keluarganya setelah ia dipanggil masuk skuad Gareth Southgate untuk pertandingan melawan Ukraina dan Skotlandia. Ia mengatakan, “Ini momen yang sangat membanggakan bagi saya, keluarga, dan teman-teman saya. Perjalanan ini cukup panjang – banyak suka dan duka.”

“Setelah panggilan tersebut ada di depan mata, tawaran itu sulit untuk ditolak dan merupakan langkah alami bagi saya untuk mengambil kesempatan ini.”

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!