Setelah James Maddison, Duo Manchester United Berpeluang Dicoret dari Skuad Akhir Timnas Inggris

Gila Bola – Gareth Southgate mulai mencoret satu persatu nama pemain Timnas Inggris yang tak diinginkannya jelang Piala Eropa. Nama pertama, James Maddison. Berikutnya, kemungkinan besar dua veteran Manchester United, Luke Shaw dan Harry Maguire.

Southgate sebelumnya memanggil Maddison untuk mengikuti seleksi di tim awal yang berisi 33 pemain, tiga pekan lalu.

Namun, pelatih 53 tahun itu dipastikan akan memulangkan Maddison ke klubnya saat ia harus memilih hanya 26 pemain saja yang akan ikut dengannya ke Jerman tengah bulan ini. Demikian diungkapkan The Athletic.

Maddison – yang kantongi cap ke-7 untuk Timnas Inggris saat ia masuk sebagai pemain pengganti di babak kedua laga pemanasan melawan Bosnia Herzegovina, memang lakoni karir yang naik-turun bersama Tottenham musim ini.

Awalnya James Maddison Tampil Gemilang untuk Spurs

Pemain berusia 27 tahun itu sebenarnya memulai perjuangan Spurs di awal musim lalu dengan gemilang, di mana ia sukses membantu tim asuhan Ange Postecoglou itu untuk merambah posisi teratas klasemen Liga Premier, dan membawa Spurs menjadi klub penantang gelar.

Namun, penampilan Maddison perlahan menurun di musim lalu, dan ia hanya menyumbang satu gol dalam 22 penampilan terakhirnya. Apalagi, ia kemudian mengalami cedera engkel yang membuatnya absen tiga bulan.

Rencananya, skuad akhir Timnas Inggris untuk Piala Eropa 2024 akan diumumkan Southgate pada hari Sabtu (8/6) waktu setempat, setelah timnya menggelar satu lagi pertandingan pemanasan melawan Islandia.

Namun, Maddison dipastikan tak akan berangkat ke Jerman untuk turnamen itu, begitu pun dengan enam pemain lainnya yang juga akan dicoret dari Timnas Inggris jelang akhir pekan ini.

Tiga Pemain Lain yang Berisiko Dicoret dari Timnas Inggris

Beberapa pemain lain yang berisiko dicoret dari Timnas Inggris jelang Piala Eropa adalah kiper Burnley James Trafford, bek Liverpool Jarell Quansah dan penyerang Brentford, Ivan Toney.

Inggris sendiri menjadi salah satu tim yang difavoritkan akan memenangkan trofi Piala Eropa 2024, meskipun mereka tak pernah memenangkan satupun trofi untuk turnamen sepak bola putra sejak tahun 1966.

Di bawah asuhan Southgate, the Three Lions berhasil mencapai semi-final Piala Dunia 2018, perempat-final Piala Dunia 2022 dan final Piala Eropa 2020, di mana Inggris akhirnya kalah dari Italia lewat drama adu penalti.

Harry Maguire dan Luke Shaw juga Berpeluang Dicoret dari Timnas Inggris

Inggris akan bertemu Islandia sebelum mereka terbang ke Jerman dan mempersiapkan laga pembuka fase grup melawan Serbia pada 16 Juni 2024.

Southgate sangat senang dengan kemenangan Inggris atas Bosnia, terutama karena tak ada pemainnya yang cedera setelah itu. Namun, dua veteran Manchester United,  Harry Maguire dan Luke Shaw, juga diragukan ikuti ajang Piala Eropa 2024 dan berpeluang menjadi dua dari enam pemain yang harus dipulangkan Southgate.

“Senangnya kami bisa melewati beberapa hari terakhir ini tanpa masalah besar. Itu benar-benar penting, kami harus melewati beberapa pertandingan ini,” ujar Southgate.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!