Siapa Roberto Martinez? Pelatih Baru Timnas Portugal, Pengganti Fernando Santos

Gila BolaTimnas Portugal telah memiliki pelatih baru usai menunjuk Roberto Martinez sebagai manajer untuk menggantikan Fernando Santos yang dipecat pasca kampanye Piala Dunia 2022 yang mengecewakan.

Memang Selecao das Quinas hanya berhasil mencapai tahap perempat final turnamen usai disingkirkan timnas Maroko, tapi sebenarnya bos timnas Belgia memiliki kampanye yang lebih buruk karena tersingkir di tahap fase grup.

Bagaimanapun, perubahan suasana tampaknya dibutuhkan di kamp latihan timnas Portugal dengan Roberto Martinez yang berpengalaman di level klub dan internasional kini telah dipercaya untuk menjadi bos baru hingga setidaknya pasca Piala Dunia 2026 mendatang.

Akhir Buruk Fernando Santos

Fernando Santos mengakhiri karir manajerialnya dengan kurang bagus di timnas Portugal, tidak hanya karena timnya tersingkir di babak perempat final Piala Dunia 2022, tapi juga memiliki konflik dengan kapten Cristiano Ronaldo.

Advertisement
SUPERITC SLOT
SUPERITC SLOT
JayaPoker
JayaPoker
HKIndo
HKIndo

Keputusannya untuk membangkucadangkan pemain berusia 37 tahun itu menuai kritik selama kekalahan melawan timnas Maroko, membuat penyerang baru Al-Nassr itu bahkan tidak memberikan ucapan apaun pasca pemecatan mantan manajernya.

Tapi, Fernando Santos tetap harus diakui sudah sangat sukses bersama timnas Portugal karena membantu mereka memenangkan Piala Eropa 2016 dan UEFA Nations League 2019, satu-satunya trofi Portugal dalam sejarah mereka.

Roberto Martinez Menjadi Pengganti

Roberto Martinez sekarang telah menjadi pengganti Fernando Santos untuk menjadi bos baru timnas Portugal, dengan dia sudah memulai karir manajerialnya sejak 2007 bersama tim Inggris Swansea City.

Dia kemudian membesut Wigan Athletic antara 2009-2013 dengan menjalani 175 pertandingan di sana, sebelum mengambil pekerjaan bersama Everton antara 2013-2016 dengan menjalani 143 pertandingan di sana.

Bos asal Spanyol itu kemudian mengambil pekerjaan manajerial pertamanya pada Agustus 2016 dengan melatih timnas Belgia dan merangkap sebagai direktur teknis sejak 2018, sebelum mundur dari pekerjaannya usai kegagalan di Piala Dunia 2022.

Gagal di Timnas Belgia

Roberto Martinez sendiri sebenarnya punya reputasi yang lebih buruk dari Fernando Santos di ajang internasional karena bos Spanyol itu gagal membimbing timnas Belgia untuk memenangkan apapun selama generasi emas mereka.

Memiliki generasi emas dalam satu dekade terakhir dengan Thibaut Courtois, Toby Alderweireld, Jan Vertonghen, Kevin de Bruyne, Eden Hazard, hingga Romelu Lukaku, tapi The Red Devils nyaris tak pernah mencapai ekspektasi mereka.

Dalam banyak kesempatan berada di peringkat satu dunia FIFA, timnas Belgia akhirnya mengakhiri Piala Dunia 2022 dengan sangat buruk, tersingkir di babak fase grup, dan mengakhiri karir internasional yang mengecewakan bagi Roberto Martinez bersama Setan Merah.

PILARWIN
PILARWIN
IBOSport
MACAUBET
TexasPoker
JokerNet88
SebelumnyaJauh-jauh Pindah ke Arab Saudi, Cristiano Ronaldo Bertemu Lionel Messi di Laga Persahabatan
SelanjutnyaGareth Bale Resmi Gantung Sepatu, Ini Perjalanan Karir dan Prestasi Sepak Bolanya