Southgate Pertahankan Bintang Inggris yang Dikritik di Perempat Final Euro 2024 Kontra Swiss

Gilabola.com – Pelatih timnas Inggris, Gareth Southgate, memberikan isyarat kuat bahwa Kieran Trippier akan tetap dipertahankan dalam skuad untuk menghadapi Swiss di perempat final Euro 2024.

Meskipun bek Newcastle United itu mendapatkan kritik karena kurangnya kontribusi dalam serangan, perannya dalam menjaga pertahanan Inggris sangat dihargai oleh manajer The Three Lions itu.

Kieran Trippier, yang secara alami bermain sebagai bek kanan, harus mengisi posisi bek kiri karena Luke Shaw masih dalam tahap pemulihan dari cedera hamstring yang dialaminya bersama Manchester United.

Shaw telah kembali berlatih penuh, namun Southgate memberi indikasi bahwa Trippier akan tetap menjadi pilihan utama saat Inggris berhadapan dengan Swiss untuk memperebutkan tiket ke semifinal.

Dalam konferensi pers sebelum pertandingan perempat final mereka melawan Swiss, yang kami beritakan dariĀ Metro, Gareth Southgate menekankan pentingnya kontribusi Trippier terhadap tim.

Dia menyatakan bahwa meskipun Trippier tidak memberikan keseimbangan yang sama seperti pemain kidal alami, kualitas kepemimpinan dan komunikasi yang dimiliki Trippier sangat membantu tim dalam permainan.

Southgate juga menambahkan bahwa bek berusia 33 tahun itu telah melakukan pekerjaan yang luar biasa dalam perannya, menunjukkan kualitas yang kurang dihargai oleh banyak orang.

Swiss, lawan Inggris di perempat final, berhasil mencapai tahap ini setelah menyingkirkan juara Eropa, Italia. Pertandingan melawan Swiss juga akan menjadi pertandingan ke-100 bagi Southgate sebagai pelatih Inggris, namun dia menegaskan bahwa pencapaian ini bukanlah fokus utamanya. Menurutnya, yang terpenting adalah membawa Inggris ke semifinal lainnya.

Southgate juga memanfaatkan kesempatan ini untuk membela Phil Foden, yang mendapat kritik karena tidak mampu menampilkan performa terbaiknya seperti yang dimainkannya di Manchester City.

Bos Inggris itu menjelaskan bahwa Foden telah melakukan pekerjaan yang fantastis untuk tim nasional, meskipun harus sedikit menyesuaikan permainannya. Dia menyebutkan bahwa bermain untuk klub dan tim nasional memiliki dinamika yang berbeda, dan itu mempengaruhi cara bermain seorang pemain. Meskipun demikian, Southgate merasa puas dengan kontribusi Foden dan tidak khawatir dengan penampilannya.

Sementara itu, Southgate juga mengomentari situasi di sekitar Luke Shaw, yang meskipun telah kembali berlatih penuh, kemungkinan besar akan tetap berada di bangku cadangan untuk laga kontra Swiss.

Southgate menekankan bahwa keputusan ini bukanlah karena kurangnya kemampuan Shaw, tetapi lebih kepada peran penting yang telah dimainkan Trippier dalam skuad. Dengan pengalaman dan kualitas yang dimiliki Trippier, Southgate merasa yakin bahwa timnya akan tampil optimal dalam pertandingan penting ini.

Southgate juga menyebut bahwa meskipun Swiss adalah tim yang tangguh, fokus utama Inggris adalah memastikan mereka tetap berada di jalur yang benar untuk mencapai semifinal. Dengan persiapan yang matang dan strategi yang tepat, Southgate optimis bahwa timnya akan mampu melewati tantangan yang diberikan oleh Swiss.

Dalam persiapan menuju pertandingan perempat final ini, Southgate berusaha menjaga semangat timnya tetap tinggi dan memastikan bahwa semua pemain siap memberikan yang terbaik.