Spanyol Resmi Perpanjang Kontrak Luis de la Fuente Hingga Piala Dunia 2026 Mendatang

Gila Bola – Federasi Sepak Bola Kerajaan Spanyol telah mengonfirmasi bahwa pelatih timnas Spanyol, Luis de la Fuente, telah memperpanjang kontraknya hingga tahun 2026 jelang Euro 2024. Kontrak ini mencakup Piala Dunia 2026 yang akan diadakan di Meksiko, Kanada, dan Amerika Serikat.

Luis de la Fuente mengambil alih kendali timnas setelah kontrak Luis Enrique tidak diperpanjang usai Piala Dunia 2022 di Qatar di mana La Roja tersingkir dini di babak 16 besar.

Meskipun awal kepemimpinannya sempat terguncang dengan kekalahan telak dari timnas Skotlandia di Hampden Park, dia berhasil memulihkan keadaan dan membawa Spanyol meraih kemenangan di UEFA Nations League melawan timnas Kroasia dan timnas Italia.

Selain itu, dia juga sukses membawa timnya memuncaki grup kualifikasi untuk Euro 2024. Euro 2024 sendiri akan menjadi turnamen besar pertama bagi De la Fuente sebagai pelatih kepala.

Saat berbicara kepada Marca menjelang pertandingan persahabatan melawan timnas Andorra, Luis de la Fuente mengungkapkan kegembiraannya atas perpanjangan kontraknya. Dia menyatakan bahwa seluruh tim merasa senang dan optimis.

Dia juga menegaskan bahwa perpanjangan kontrak ini datang pada saat yang tepat, menjelang kompetisi besar yang akan datang. De la Fuente merasa bahwa memperkuat posisi pelatih dan staf pelatih adalah langkah penting untuk menghadapi tantangan di masa depan.

Harapan untuk Pedri dan Morata

De la Fuente juga memberikan dorongan kepada bintang Barcelona, Pedri, yang kerap menghadapi masalah kebugaran. Dia menyatakan bahwa Pedri telah menunjukkan semangat dan energi yang tinggi.

Pelatih La Roja menekankan bahwa gelandang Barcelona tidak perlu membuktikan apa pun kepadanya, dan dia yakin pemain muda tersebut akan berada dalam kondisi optimal pada waktunya.

Di sisi lain, Alvaro Morata, yang hanya mencetak tiga gol sejak Januari, juga mendapatkan dukungan penuh dari De la Fuente. Pelatih tersebut menegaskan bahwa Morata adalah pemain dengan jaminan mutlak dan tidak ada keraguan atas kemampuannya.

De la Fuente juga menyebutkan bahwa striker Atletico Madrid itu membutuhkan pelatihan yang sangat personal dan dia yakin bahwa penyerang tersebut akan kembali menunjukkan ketajamannya di lapangan.

Persiapan Menuju Euro 2024

Dengan perpanjangan kontrak ini, De la Fuente memiliki kesempatan untuk terus membangun dan mengembangkan tim nasional timnas Spanyol jelang Euro 2024 dan Piala Dunia 2026.

Dalam beberapa bulan terakhir, dia telah menunjukkan kemampuannya untuk memotivasi dan mengarahkan tim menuju kesuksesan. Kemenangan di UEFA Nations League dan performa yang solid di kualifikasi Euro 2024 adalah bukti nyata dari kepemimpinannya.

Dengan kontrak yang diperpanjang hingga 2026, De la Fuente memiliki waktu untuk merencanakan dan mempersiapkan timnas Spanyol menghadapi dua turnamen besar, yaitu Euro 2024 dan Piala Dunia 2026.

Tantangan besar menanti, tetapi dengan dukungan penuh dari federasi dan para pemain, timnas Spanyol optimis dapat meraih hasil terbaik di kancah internasional.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!