Tanpa Mikel Arteta, Pep Guardiola Akan Sulit di Manchester City

Gila Bola – Juru taktik Manchester City, Pep Guardiola mengakui Mikel Arteta punya pengaruh besar dalam karier kepelatihannya di Inggris.

Menjelang putaran keempat Piala FA, Mikel Arteta memuji dampak Guardiola karena bisa membuatnya menjadi pelatih Arsenal seperti sekarang ini sejak gabung pada 2019. Seperti diketahui, dia pernah menjadi asistennya di Manchester City.

Namun dampak besar juga dirasakan oleh Pep Guardiola ketika ada Arteta di Etihad Stadium. Eks pelatih Barcelona menilai keberadaannya telah sangat membantu menangani Manchester City.

Pep Guardiola Dapat Manfaat 

Mikel Arteta merupakan warga negara Spanyol. Dari aktif bermain dia sudah lama berkarier sepak bola di Liga Inggris dan sebelum jadi pelatih kepala dia berguru dengan Pep di Manchester City. Tapi Gaurdiola juga akui dia sudah sangat membantu karier kepelatihannya di Inggris.

Dikutip dari Sportsmax, Pep mengatakan Mikel Arteta ingin bekerja sama dengannya dan langsung menerimanya karena tahu kompetisi Liga Inggris. Menurutnya, Arteta sudah tahu semua pelatih. Pep mencontohkannya ketika bertemu David Moyes dan Arteta bilang sudah mengenalnya di Everton.

Setelah pertandingan berjalan sesuai rencana, Pep Guardiola mengakui kalau Mikel Arteta telah membantunya. Eks pelatih Bayern Munchen bahkan tak tahu apa yang sudah dia kasih ke Arteta sampai pelatih Arsenal memujinya. Namun yang jelas dia pastikan pengaruhnya sangat besar dan sudah membuatnya jadi pelatih lebih baik. Terbukti, dia sudah berikan semua gelar domestik untuk Manchester City.

Terkesan dengan Mikel Arteta

Sebelum menjadi asisten Pep Guardiola di Manchester City, Mikel Arteta bermain untuk Arsenal selama lima musim dan menjadi kapten tim di klub sepak bola asal London Utara.

Sedangkan selama menjadi asisten di Manchester City ada yang bikin Guardiola terkesan. Sang pelatih mengatakan ketika menjadi asistennya saat bertemu Arsenal dan The Citizens bikin gol dia tak mau melakukan selebrasi.

Tak ayal, Guardiola menilai jika Mikel Arteta memang sangat setia dengan Arsenal. Sebelum ke Meriam London, Arteta semasa aktif bermain lama juga berkarier di Everton. Tapi dia mampu menangkan 2 trofi Piala FA bersama The Gunners.

Bakal Ketemu di Piala FA

Musim 2022/23, kedua pelatih belum bertemu di Liga Inggris dan laga pembukanya bertemu di Piala FA. Laga Manchester City kontra Arsenal akan berlangsung di Etihad Stadium, Sabtu (28/1) dini hari WIB.

Manchester City bisa ke putaran keempat Piala FA setelah menyingkirkan Chelsea dengan skor 4-0, sedangkan Arsenal kalahkan Oxford United. Duel ini dipastikan akan panas karena kedua tim juga sama-sama dalam jalur perburuan trofi Liga Inggris.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!