Tendangan Bebas Son Heung-min Kirim Korea Selatan ke Semifinal Piala Asia

Gilabola.com – Butuh jasa Son Heung-min untuk meloloskan Korea Selatan ke semifinal Piala Asia pada pertandingan delapan besar kontra Australia yang usai Sabtu dinihari (3/2).

Itu merupakan pameran determinasi dan mental tak kenal menyerah dari Laskar Taegeuk. Mereka tertinggal satu gol selama 95 menit pertandingan waktu normal. Namun satu gol terjadi pada detik-detik terakhir pertandingan yang memaksakan extra time.

Pemain Wolves Hwang Hee-chan satu kali lagi menjadi pahlawan dengan mencetak gol balasan yang menyamakan kedudukan pada menit 96. Lalu pada masa extra time sang skipper mencetak gol penentu kemenangan.

Gol sang pemain Tottenham Hotspur itu akan menjadi bahasan besok pagi. Itu merupakan sebuah gol tendangan bebas yang sangat indah, melengkung ke sisi tiang dekat gawang Mathew Ryan, dengan kiper AZ Alkmaar itu sepertinya menduga si bundar akan diarahkan ke tiang jauh.

Sebelum hari ini, di tahap 16 besar, Korea Selatan mengakhiri perlawanan Arab Saudi dengan adu penalti setelah menjalani skenarionya yang persis sama. Terjadi gol balasan di menit-menit terakhir waktu normal.

Skor 1-0 berhasil dijaga oleh tim Elang Hijau itu sampai dengan menit 98 sebelum terjadi gol ke gawang Arab Saudi oleh Cho Gue-sung pada menit 99, yang sudah memasuki injury time, memaksakan extra time dan kemudian adu penalti, setelah tidak ada gol tambahan selama 2×15 menit tersebut.

Australia Hanya Tinggal Bertahan Sedikit Lagi Untuk Menang

Negeri Kanguru itu sebenarnya hanya tinggal bertahan sedikit lagi untuk memenangkan laga perempat finalnya. Mereka sudah unggul satu gol selama 95 menit! Sebelum satu kesalahan mengakhiri keunggulan Socceroos.

Hwang Hee-chan maju sebagai eksekutor hadiah penalti yang diberikan wasit pada menit 96 itu, dan kemudian menyelesaikan tugasnya, sekaligus mengakhiri partisipasi negeri Kanguru itu.

Pertandingan perempat final Australia kontra Korea Selatan itu merupakan pameran pertahanan Socceroos yang luar biasa menghadapi dominasi bola dari Laskar Taegeuk, dengan penguasaan bola tim merah pink mendekati 70 persen, tapi hanya ada dua percobaan gol dan dua serangan tepat sasaran.

Bandingkan dengan tim kuning-hijau yang hanya memiliki 31 persen penguasaan bola selama 90 menit, bermain di bawah tekanan lawan, tapi mampu melepaskan 13 percobaan serangan dengan lima di antara tepat sasaran dan satu menjadi gol.

Sayang, mereka lengah pada saat-saat terakhir, membuat kesalahan di dalam kotak yang berujung penalti Hwang Hee-chan.

Siapa Calon Lawan Korea Selatan di Semifinal Piala Asia?

Calon lawan Laskar Taegeuk di empat besar adalah Yordania, yang beberapa jam lalu menghentikan langkah tim kejutan Tajikistan.

Yordania merupakan bekas musuh mereka di Grup E saat mana Son juga mencetak satu gol dan mendapatkan satu gol lain dari bunuh diri lawan dalam laga yang usai 2-2.

Kelemahan pertahanan tim Asia Timur itu sudah terlihat sejak babak penyisihan grup dengan hanya satu kemenangan dan dua hasil imbang. Mencetak delapan gol sih, tetapi juga kemasukan enam gol dari tiga pertandingan grup. Selengkapnya hasil mereka di Grup E Piala Asia:

  • Menang 3-1 kontra Bahrain
  • Imbang 2-2 melawan Yordania
  • Draw 3-3 melawan Malaysia

Dan sementara anak-anak Jurgen Klinsmann itu lolos sebagai runner-up grup, Yordania lolos ke tahap 16 besar sebagai yang terbaik dari semua tim urutan ketiga. Juara Grup E itu, Bahrain, malah sudah tersingkir duluan di tangan Jepang pada tahap 16 besar kemarin.

Pertandingan semifinal Yordania vs Korea Selatan itu akan berlangsung 6 Februari mendatang waktu Qatar di Stadion Al Rayyan.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!