Timnas Indonesia Dibantai Iran, Elkan Baggott Tetap Optimistis Walau Lini Belakang Bermasalah

Gila BolaTimnas Indonesia harus menyaksikan lini belakang mereka yang tetap bermasalah, hingga dibantai Iran 0-5 di laga uji coba ketiga pada Rabu (10/1) dini hari, hanya dua hari jelang Piala Asia 2023 bergulir.

Dengan kekalahan telak dari Timnas Iran ini, maka Elkan Baggott dan kawan-kawan pun tercatat belum pernah menang di tiga pertandingan uji coba jelang turnamen tersebut.

Sebelumnya, skuad Garuda kalah dua kali dari Libya dengan skor 0-4 dan 2-1, lalu terakhir kalah dari Iran dengan skor lebih telak.

Di ketiga pertandingan uji coba jelang Piala Asia 2023 itu, pelatih Shin Tae-yong menyayangkan seringnya para pemain tim Merah Putih lakukan blunder yang jelas-jelas menguntungkan tim lawan.

Termasuk di laga uji coba melawan Iran yang digelar secara tertutup, blunder para pemain Indonesia pun punya ‘andil besar’ dalam terciptanya gol-gol yang dibukukan skuad Iran.

Shin Tae-yong Akui Lini Belakang Indonesia Terus Lakukan Kesalahan

Dilansir dari situs resmi PSSI, pelatih asal Korea Selatan itu mengakui para pemainnya memang sudah berjuang dan bekerja keras di lapangan, tetapi mereka juga lakukan beberapa kesalahan, terutama di lini belakang.

Akibatnya, kesalahan itu harus dibayar dengan tiga gol yang sukses disarangkan Iran ke gawang Indonesia. Yang jelas ini menjadi pekerjaan rumah yang cukup berat yang harus diselesaikan Shin Tae-yong hanya beberapa hari sebelum turnamen ini berlangsung.

Hadapi Tiga Lawan Berat di Piala Asia, Elkan Baggott PD Banget! 

Sementara itu, walaupun Indonesia baru saja dibantai Iran 0-5 di laga uji coba terakhir jelang Piala Asia 2023, bek andalan tim Merah Putih Elkan Baggott mengaku tetap percaya diri untuk berlaga di turnamen tersebut.

AYO JOIN CHANNEL WHATSAPP GILABOLA.COM UNTUK MENDAPATKAN UPDATE TERBARU SEPUTAR SEPAK BOLA! KLIK DI SINI GIBOLERS!

Di putaran Piala Asia 2023 yang berlangsung di Qatar, Indonesia bergabung di Grup D bersama tiga tim kelas berat, yakni Irak, Jepang dan Vietnam.

Menurut Elkan, sekali lagi Indonesia mendapat banyak pelajaran usai dikalahkan Iran dengan skor telak. Menurutnya, ia dan rekan-rekan satu timnya sebenarnya tunjukkan permainan menarik, tetapi gawang skuad Garuda berhasil dengan mudah dibobol pemain lawan.

Ini Jadwal Timnas Indonesia di Fase Grup Piala Asia 2023

Menurut Elkan, tim harus benar-benar fit dan siap hadapi laga perdana di turnamen Piala Asia nanti. Ia mengaku optimistis Indonesia akan dapatkan hasil terbaik di ajang tersebut.

Ditegaskan Elkan, ia tak melihat hasil pertandingan melawan Iran, dan lebih memandang bagaimana tim akan mempraktekkan apa yang sudah mereka dapatkan dalam latihan di laga perdana nanti.

Di pertandingan pertama, Indonesia akan bertemu Irak pada 15 Januari 2024. Lalu, di laga kedua empat hari berikutnya, skuad Garuda akan bertemu Vietnam dan terakhir bertemu tim raksasa Asia, Jepang, pada 24 Januari 2024.