Timnas Indonesia U-20 vs Guatemala: Garuda Muda Masih Kesulitan Finishing, Guatemala Banyak Drama!

Gila Bola – Hasil Timnas Indonesia U20 vs Guatemala U20 di Turnamen Mini Internasionall 2023 yang digelar di Stadium Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Selasa (21/2) malam, berakhir 0-1.

Ini menjadi kekalahan kedua yang dialami Timnas Indonesia U-20 setelah sebelumnya skuad Shin Tae-yong juga dikalahkan Selandia Baru U-20 dengan skor 1-2.

Di laga melawan Guatemala U-20 malam ini, tampak jelas bahwa Timnas Indonesia U-20 memiliki masalah di lini belakang. Sementara di lini depan pun skuad Garuda Muda tampak masih kesulitan dalam menyelesaikan beberapa peluang yang tercipta di depan gawang lawan.

Guatemala U-20 telah berusaha lakukan tekanan sejak awal laga, meskipun upaya mereka tak membuahkan hasil. Namun para pemain Guatemala pun tampak banyak lakukan drama di sepanjang laga, terutama setelah mereka memimpin.

Mulai dari menolak keluar lapangan saat dikartu merah wasit, hingga kiper yang melompat dan membenturkan tangannya sendiri ke mistar gawang, meskipun bola sudah terlihat melambung tinggi di atas gawangnya.

Indonesia U-20 Tertekan di 10 Menit Pertama

Hingga laga berjalan 10 menit, Timnas Indonesia U-20 bahkan masih berada di bawah tekanan lawan, karena skuad Guatemala U-20 terapkan beberapa variasi serangan ke gawang Daffa Fasya.

Guatemala U-20 nyaris memimpin di menit ke-15, saat Allan Javier mendapat peluang mencetak gol. Beruntung tendangannya masih melambung di atas mistar gawang Indonesia.

Hingga akhirnya Guatemala U-20 memimpin di menit 22 lewat gol Jorge Abelardo. Gol tersebut cukup mengejutkan, karena dicetak Abelardo dari tengah lapangan. Meskipun sempat ditepis kiper Daffa Fasya, tapi upayanya gagal membendung laju bola, yang langsung bersarang di gawangnya. Skor 1-0 untuk keunggulan Timnas Guatemala U-20 pun menutup laga di babak pertama.

Tolak Kartu Merah, Pemain Guatemala U-20 Ogah Tinggalkan Lapangan

Di awal babak kedua, tepatnya di menit 57, Guatemala U-20 bermain dengan 10 pemain setelah Julio Garcia diusir keluar setelah ia mengangkat kaki terlalu tinggi dan mengenai bagian kepala Hoky Caraka.

Namun, pemain tersebut menolak untuk keluar lapangan, bahkan meskipun ia sudah didesak keluar oleh hakim garis dan ofisial pertandingan. Garcia bahkan mainkan drama di pinggir lapangan setelah salah seorang pemain Indonesia ikut memintanya keluar lapangan.

Pemain Indonesia U-20 Terus Gagal Manfaatkan Peluang

Indonesia punya dua peluang dari posisi sepak pojok di menit 61, yang sayangnya tak membuahkan gol balasan.

Ronaldo Kwateh nyaris menyamakan di menit 69. Namun, bola berhasil ditangkap kiper lawan. Indonesia yang berusaha menggempur pertahanan lawan sebenarnya memiliki beberapa peluang lagi di 15 menit terakhir, tapi lagi-lagi mereka kesulitan dalam menyelesaikan peluang yang tercipta.

Sultan Zakky nyaris membawa Indonesia menyamakan kedudukan di menit 83, tetapi bola masih melebar dari gawang Guatemala! Zakky pula yang memiliki peluang emas lewat sundulan kepalanya di menit 90+7, namun bola masih melebar dari gawang lawan!

Susunan Pemain

Timnas Indonesia U-20: Daffa Fasya; Kakang Rudianto, Marcell Januar, Muhammad Ferrari, Dony Tri Pamungkas; Zanadin Fariz, Arkhan Fikri, Achmad Maulana, Ginanjar Wahyu; Dzaky Asraf, Rabbani Tasnim.

Timnas Guatemala U-20: Jorge Estuardo; Andy Julian, Figo Alexander, Jeshua Jesafeth, Julio Fernando, Mathius Anderson; Allan Javier, Daniel Alexander, Jorge Abelardo, Nestor Ariel; Jefry Leonardo.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!