Timnas Perancis Syok, Raphael Varane Ungkap Alasan Pensiun di Usia 29 Tahun

Gila Bola – Raphael Varane mengejutkan Timnas Perancis dengan menyatakan pensiun dari sepak bola internasional di usianya yang baru 29 tahun, setelah Les Bleus kalah dari Argentina di final Piala Dunia 2022.

Sejauh ini, bintang Manchester United itu sudah tampil dalam 93 pertandingan bersama Timnas Perancis.

Namun menurut laporan Le Parisien, seperti yang dilansir SunSport, mantan pemain bertahan Real Madrid tersebut tak ingin memaksa dirinya memiliki karir panjang di tim nasional dan akan pensiun dari sepak bola internasional.

Raphael Varane bermain di Piala Dunia Qatar pada bulan November hingga Desember 2022, dan ikut membantu negaranya melaju ke final untuk kedua kalinya secara berturut-turut.

Sayangnya, di final Piala Dunia Qatar, Timnas Perancis kalah dalam adu penalti melawan Argentina setelah laga normal berakhir imbang 3-3.

Alasan Keluarga dan Cedera Membuat Varane Mantap Pensiun

Raphael Varane mengaku ingin menghabiskan lebih banyak waktu bersama keluarganya, di samping ingin menghindari cedera parah di masa mendatang.

Di sepanjang karir sepak bolanya, Varane sudah absen dalam 90 pertandingan yang dimainkan klub akibata cedera, di mana yang terparah terjadi pada tahun 2013 saat ia mengalami pecah di bagian meniskus atau tempurung lutut.

Bek Manchester United itu juga sadar betul, saat ini sudah waktunya generasi muda bek Perancis mengambil alih posisi pemain seperti dirinya. Bek-bek handal seperti Jules Kounde, Dayot Upamecano, Ibrahima Konate, William Saliba, Wesley Fofana dan Benoit Badiashile seluruhnya diperkirakan akan memiliki karir yang cemerlang.

Varane Pensiun Tepat Sebelum Euro 2024

Keputusan ini diambil Varane meskipun skuad Les Bleus akan disibukkan dengan agenda Euro 2024. Apalagi, bagi Varane, ini merupakan satu-satunya kompetisi utama yang belum pernah dimenangkannya.

“Mewakili negara kita yang hebat selama satu dekade, telah menjadi salah satu kehormatan terbesar dalam hidup saya. Setiap kali saya memakai jersey berwarna biru yang istimewa ini, saya merasa sangat bangga,” tandas Raphael Varane di samping foto dirinya yang tengah memegang trofi Piala Dunia.

“Tugas ini telah memberikan segalanya, bermain dengan sepenuh hati saya dan menang setiap kali kami masuk lapangan. Saya sudah mempertimbangkan hal ini (pensiun) sejak beberapa bulan lalu, dan telah putuskan inilah waktu yang tepat bagi saya untuk pensiun dari sepak bola internasional,” tambahnya.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!