Wasit Wanita Warnai Piala Asia 2023 dan Gunakan VAR, Hati-hati Timnas Indonesia

Gila Bola – Sepak bola Asia berbenah. Pada Piala Asia 2023 wasit wanita akan ambil bagian memimpin pertandingan dan dipastikan juga memakai VAR.

Seperti diketahui, Piala Asia 2023 akan berlangsung di Qatar. Turnamen bergengsi antar negara-negara Asia ini akan berlangsung dari 12 Januari sampai 10 Februari 2024 mendatang.

Nantinya akan ada enam wasit wanita yang bertugas di Piala Asia. Salah satunya adalah Yoshimi Yamashita. Wanita asal Jepang itu punya rekam jejak yang bagus. Tercatat pernah bertugas di Piala Dunia 2022.

Pernyataan Resmi AFC 

Dalam pernyataan, AFC mengatakan untuk pertama kalinya ofisial pertandingan wanita siap melakukan debut di kompetisi tim nasional sepak bola putra bergengsi Asia.

Federasi Sepak Asia juga menyampaikan, bukan cuma wasit wanita saja yang akan bertugas. Akan tetapi, pada Piala Asia 2023 akan memakai Sistem Video Assistant Referee (VAR).

AFC juga menyebutkan Piala Asia 2023 akan diikuti oleh 24 tim untuk pertama kalinya. Sedangkan tuan rumah Qatar adalah juara bertahan.

Negara Ini Favorit Juara di Piala Asia

Seperti setiap turnamen sepak bola bergengsi lainnya, akan ada tim yang difavoritkan menjadi juara. Pada Piala Asia 2023 tim yang yang diunggulkan ada dua negara Jepang dan Korea Selatan.

Kedua negara wajar diunggulkan karena wakil Asia itu mampu melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Bahkan timnas Jepang semakin menjadi favorit juara Piala Asia 2023 setelah di Piala Dunia kalahkan timnas Jerman. Belum lama ini juga kembali menang dengan skor 4-1 di FIFA Matchday.

Hati-hati Timnas Indonesia 

Dengan adanya wasit wanita dan di setiap pertandingan memakai VAR, maka akan menjadi hal yang baru untuk timnas Indonesia. Seperti diketahui, Skuad Garuda adalah salah satu tim yang lolos ke Piala Asia 2023.

Tapi dengan adanya VAR akan membuat pemain timnas Indonesia harus hati-hati, terutama untuk lini belakang. Pasalnya, jika ada pelanggaran keras atau gagal menerapkan jebakan offiside akan merugikan.

Namun yang perlu diwaspadai oleh pemain timnas Indonesia agar tak melakukan pelanggaran-pelanggaran di sekitar area kotak penalti. Pasalnya, dengan adanya VAR wasit akan dengan cepat keluarkan kartu.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!