Apa yang Dibutuhkan AS Roma untuk Bisa Lolos ke Liga Champions Musim Depan?

Gila Bola AS Roma telah mengamankan setidaknya posisi keenam di Serie A, yang memberi mereka peluang untuk berlaga di Liga Champions musim depan.

Kemenangan tipis 1-0 atas Genoa, berkat sundulan Romelu Lukaku, memastikan posisi ini meskipun Leandro Paredes dikeluarkan dari lapangan karena perbedaan pendapat. Lazio hanya mampu bermain imbang 1-1 melawan Inter, sehingga membuat selisih tiga poin antara Roma dan rival sekotanya.

Dengan posisi keenam ini, Roma saat ini dijadwalkan masuk ke Liga Europa. Namun, masih ada kesempatan bagi mereka untuk naik ke Liga Champions. Untuk itu, mereka membutuhkan bantuan dari Atalanta.

AS Roma harus berharap Atalanta memenangkan Final Liga Europa melawan Bayer Leverkusen di Dublin dan finis di urutan kelima klasemen Serie A. Jika Atalanta finis ketiga atau keempat, kesempatan Roma untuk mendapatkan slot Liga Champions akan tertutup.

Kepastian nasib AS Roma mungkin baru akan diketahui pada 2 Juni, mengingat Atalanta masih memiliki satu pertandingan tersisa melawan Fiorentina setelah sisa musim berakhir.

Sementara itu, Daniele De Rossi mengomentari beberapa aspek penting setelah kemenangan Roma atas Genoa. De Rossi menjelaskan bahwa mereka mencoba bermain lebih rapat di lini tengah untuk menghindari serangan balik lawan.

Dua mengakui bahwa Genoa tampil sangat baik, menganggap pertandingan tersebut sebagai salah satu yang paling penting musim ini. Para pemain Roma, menurut De Rossi, menunjukkan semangat besar, terutama setelah bermain dengan 10 orang.

Romelu Lukaku, yang mencetak gol kemenangan, menerima kartu kuning karena melepas jerseynya saat selebrasi, sehingga akan absen pada pertandingan melawan Empoli. De Rossi mengakui bahwa sulit bagi Roma untuk mempertahankan Lukaku karena keterbatasan anggaran klub.

Menatap masa depan, De Rossi bertekad untuk memperkuat skuad agar bisa bersaing di empat besar klasemen Serie A. Meski menyadari persaingan ketat dari klub-klub besar seperti Inter, Milan, dan Juventus, dia optimis Roma bisa mencapai target tersebut dengan konsistensi yang lebih baik.

Keputusan menggantikan Paulo Dybala di tengah pertandingan melawan Genoa, meski hanya bermain 25 menit, adalah murni keputusan taktis. De Rossi memastikan bahwa Dybala dalam kondisi baik dan pergantian tersebut dilakukan untuk memperkuat pertahanan saat bermain dengan 10 pemain.

De Rossi kini fokus pada persiapan musim depan. Sebagai pelatih baru yang mengambil alih dari Jose Mourinho pada Januari, ini adalah kesempatan pertama De Rossi untuk merencanakan pramusim dengan lebih matang.

Pelatih debutan Italia itu berencana untuk memperbaiki kekurangan yang ada dalam skuad dengan mendatangkan pemain yang sesuai dengan karakteristik yang dibutuhkan di jendela transfer mendatang.

Roma masih memiliki kesempatan untuk lolos ke Liga Champions, namun mereka harus bergantung pada hasil pertandingan lain. Sementara itu, fokus utama tetap memperkuat tim dan bersiap menghadapi tantangan musim depan dengan optimisme.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!