Empoli Lolos dari Degradasi Usai Kalahkan Roma! Frosinone Terdegradasi ke Serie B

Empoli berhasil lolos dari degradasi berkat gol dramatis M’Baye Niang di menit akhir untuk mengalahkan Roma, sekaligus mengirim Frosinone turun ke Serie B. Ini menjadi kisah comeback luar biasa lainnya yang diracik oleh Davide Nicola.

Tim Tuscan tersebut tahu mereka tidak punya pilihan selain menang untuk mengamankan keselamatan, atau imbang dan melihat apa yang terjadi di pertandingan Frosinone vs Udinese.

Alberto Grassi menjalani larangan tiga pertandingan karena menghina wasit setelah hasil imbang dramatis di menit akhir melawan Udinese, sementara Alberto Cerri dan Tyronne Ebuehi cedera. Roma sudah mengetahui bahwa posisi keenam Liga Champions sudah mustahil diraih. Romelu Lukaku dan Leandro Paredes diskors, sementara Leonardo Spinazzola absen, namun Paulo Dybala kembali bermain.

Nicola Zalewski mengirimkan umpan silang yang melebar melewati Tammy Abraham, kemudian tembakan pelan Dybala dengan ujung kaki tidak tepat sasaran.

Namun, Empoli justru yang memimpin melalui serangan balik. Umpan panjang dilambungkan ke Emanuel Gyasi, yang kemudian mengoper ke Matteo Cancellieri, memberinya waktu untuk mengontrol bola dan kemudian menceploskan bola ke dalam gawang.

Roma sempat mencetak gol pada menit 19 ketika tendangan bebas Dybala memaksa Elia Caprile melakukan beberapa penyelamatan dari Tammy Abraham dan Bryan Cristante, tetapi gol tersebut dianulir karena offside.

Cancellieri memaksa Mile Svilar melakukan penyelamatan sulit di tiang dekat, kemudian Caprile hampir terkejut oleh pantulan bola liar dari tendangan Zalewski, yang terbantu oleh sapuan Ardian Ismajli.

Roma menyamakan kedudukan di masa injury time babak pertama ketika Angelino dibiarkan leluasa menusuk sisi kiri dan mengirimkan umpan silang untuk sundulan Houssem Aouar.

Defleksi dari Youssef Maleh terhadap umpan silang Zeki Celik hampir mengejutkan Caprile, kemudian Ismajli memotong umpan datar Celik sebelum Abraham bisa menyambar bola.

M’Baye Niang masuk pada babak kedua dan memiliki peluang besar ketika melepaskan tembakan melebar dari umpan terobosan, tetapi Zalewski menyudutkan bola ke bagian luar tiang dekat dengan tendangan silang.

Svilar tetap sigap dan tidak terkejut oleh lob Cancellieri, namun Empoli nyaris unggul ketika tendangan keras kaki kanan Razvan Marin dari jauh melengkung dan membentur mistar gawang pada menit 69.

Roma kembali mencetak gol pada menit 84, tetapi Stephan El Shaarawy terperangkap offside. Empoli juga menekan, dengan sundulan Cancellieri melebar dari situasi tendangan sudut yang kacau.

Di menit akhir pertandingan, Cancellieri menusuk sisi kanan dan mengirimkan umpan datar untuk disambar Niang ke pojok gawang, sebuah gol yang mengubah segalanya. Tiba-tiba, Frosinone yang terdegradasi ke Serie B, sementara Empoli dan Udinese selamat.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!