Napoli Dipermalukan La Viola, Kalah Telak Dengan Skor 1-3 di Liga Italia

Hasil Napoli vs Fiorentina berakhir dengan skor 1-3 untuk kemenangan tim tamu di pekan ke-8 Liga Italia 2023/2024, ini menjadi kekalaha kedua bagi Napoli dan menempatkan mereka di posisi kelima klasemen Seri A di bawah La Viola di posisi keempat.

Jalannya Pertandingan Napoli vs Fiorentina

Pertandingan antara Napoli dan Fiorentina berlangsung dengan penuh drama dan intensitas. Di menit ke-7, Fiorentina menggebrak dengan cepat. Martinez hampir mencetak gol pertama dalam laga ini ketika sepakan kerasnya menghantam tiang gawang kanan setelah menerima umpan silang tajam dari Bonaventura yang bermain di sisi kanan lapangan. Namun, Fiorentina tidak kehilangan peluang ini, karena Brekalo dengan tenang mengontrol bola dan melepaskan tendangan kaki kiri yang merobek jala Napoli melalui celah kaki Meret, kiper Napoli. Gol ini membuat Stadio Diego Armando Maradona terdiam dan memberi Fiorentina keunggulan awal 1-0.

Fiorentina tampak percaya diri dalam pertandingan ini dan terus menunjukkan sepakbola menyerang yang bebas dan tanpa beban, meskipun mereka berhadapan dengan juara bertahan Serie A, Napoli. Pasangan gelandang Arthur dan Duncan menjadi otak di lini tengah Fiorentina, sementara Bonaventura terus menemukan ruang kosong di berbagai area lapangan, memberikan ancaman konstan kepada pertahanan Napoli.

Namun, Napoli tidak tinggal diam. Pada menit ke-22, mereka hampir menyamakan kedudukan. Politano memberikan umpan kepada Kvaratskhelia, yang melihat dua upaya tembakannya diblokir oleh pemain belakang Fiorentina. Kemudian, Olivera mendorong bola menuju gawang yang kosong, dengan Terracciano, kiper Fiorentina, berusaha menutup ruang.

Osimhen, penyerang Napoli, berhasil menyelesaikan bola ke dalam gawang di tiang jauh, tetapi sayangnya dia berada dalam posisi offside saat bola melintas ke dalam jala. Wasit mengibarkan bendera offside, dan VAR memeriksa kejadian tersebut untuk memastikan keputusan yang benar.

VAR akhirnya memutuskan untuk tetap mempertahankan keputusan wasit di lapangan, menyatakan bahwa Osimhen berada dalam posisi offside ketika dia mencetak gol dari jarak dekat setelah upaya Olivera menuju gawang. Oleh karena itu, Fiorentina tetap memimpin 1-0 dalam pertandingan ini.

Pada menit ke-28, Napoli hampir menyamakan kedudukan lagi. Kvaratskhelia melakukan lari menawan di sisi kiri lapangan, melewati beberapa pemain Fiorentina sebelum memberikan umpan kepada Lobotka. Gelandang Napoli tersebut melepaskan tendangan keras dengan kaki kanan, tetapi Terracciano berhasil menepis bola dengan penyelamatan yang meyakinkan.

Pertandingan mendekati babak pertama, dan Fiorentina masih unggul 1-0. Meskipun Napoli mencoba untuk mencari peluang-peluang mereka, Fiorentina tetap terlihat berbahaya dalam serangan balik dan tetap mempertahankan kendali permainan. Pasukan Giuseppe Iachini, pelatih Fiorentina, berhasil memberikan ancaman kepada Napoli, yang pada saat itu merupakan juara bertahan Serie A.

Pada menit ke-45+3, Napoli mendapatkan hadiah penalti setelah insiden yang kontroversial. Parisi, bek kiri Fiorentina, berusaha mengamankan bola dengan dada setelah umpan silang melambung dari Olivera menuju Terracciano, kiper Fiorentina. Namun, Parisi melakukan kesalahan dalam mengontrol bola tersebut, membuatnya terlalu pendek dan merusak rencana pengamanan.

Akibatnya, Osimhen, penyerang Napoli, berhasil mengambil alih bola dan masuk ke dalam kotak penalti Fiorentina. Osimhen mendapat sentuhan pertama dan berusaha mencapai bola yang berada di dekatnya, tetapi dia dijatuhkan oleh kiper Terracciano dalam upaya terakhirnya untuk mengamankan bola tersebut. Wasit langsung menunjuk titik putih, memberikan penalti kepada Napoli, dan Terracciano dihukum dengan kartu kuning atas pelanggaran tersebut.

Pada menit ke-45+5, Osimhen berhasil menjalankan tugasnya dengan baik sebagai algojo penalti. Dia melepaskan tendangan keras dengan kaki kanan yang mengarah ke pojok bawah kanan gawang. Meskipun Terracciano mencoba untuk menyelamatkan, dia tidak berhasil menyentuh bola, dan bola dengan yakin melintasi garis gawang. Napoli mencetak gol penyeimbang, membuat kedudukan menjadi 1-1.

Setelah gol ini, Napoli tampil lebih bersemangat dan mencoba untuk mengambil kendali permainan. Namun, Fiorentina tetap membahayakan dalam serangan balik mereka dan terus menciptakan peluang-peluang berbahaya.

Pada menit ke-51, Fiorentina hampir mencetak gol kedua mereka. Nzola melakukan serangan balik yang cepat sebelum melepaskan umpan kepada Ikone. Winger Fiorentina tersebut masuk ke dalam kotak penalti dan melepaskan tendangan keras dengan kaki kanan yang menghantam tiang gawang kanan Napoli. Gol kedua Fiorentina hampir terwujud, tetapi bola memantul dari tiang gawang.

Pada menit ke-59, Napoli hampir mencetak gol dari kecerobohan Fiorentina sendiri. Kayode bermain mundur dan memberikan bola kepada Milenkovic, bek Fiorentina, dengan risiko yang tinggi. Osimhen kemudian menyelinap ke sisi lapangan kiri dan masuk ke dalam kotak penalti Fiorentina. Namun, saat berhadapan satu lawan satu dengan kiper Terracciano, Osimhen tidak berhasil melewati penjaga gawang Fiorentina yang melakukan penyelamatan gemilang dengan diving save-nya.

Pertandingan semakin mendekati babak kedua, dan skor tetap sama kuat 1-1. Napoli terus mencari peluang untuk mencetak gol keunggulan, tetapi Fiorentina melakukan pekerjaan yang baik dalam menjaga pertahanan mereka. Pada menit ke-63, Fiorentina kembali unggul dalam pertandingan ini. Bonaventura mencetak gol kedua Fiorentina setelah mendapatkan umpan dari Duncan.

Duncan mendapatkan ruang di luar kotak penalti Napoli dan mencoba melepaskan tendangan dengan kaki kanannya. Namun, upaya tendangan Duncan mengenai Olivera, bek Napoli, dan bola tak terduga meluncur ke arah Bonaventura. Pemain tengah Fiorentina ini dengan tenang melepaskan tendangan dengan kaki kanan yang merobek jala Napoli dari dalam kotak penalti. Meret, kiper Napoli, tidak memiliki peluang untuk menyelamatkan bola tersebut, dan Fiorentina kembali memimpin dengan skor 2-1.

Pertandingan semakin memanas dengan Fiorentina kembali unggul. Napoli terus mencoba mencari gol penyama kedudukan, tetapi Fiorentina terlihat lebih kuat dalam pertahanan dan mampu menjaga keunggulan mereka. Napoli mencoba untuk mengimbangi skor, namun serangan mereka sering kali dipatahkan oleh pertahanan rapat Fiorentina.

Pada menit ke-90, Fiorentina mengunci kemenangan mereka. Parisi, bek kiri Fiorentina, melakukan lari cepat di sisi lapangan kiri dalam serangan balik yang cepat. Dia mengirimkan umpan silang yang sangat akurat ke arah dekat gawang Napoli. Gonzalez, pemain Fiorentina, dengan cepat bereaksi dan melepaskan tendangan kaki kanan yang keras dan akurat ke bagian atas gawang. Meret, kiper Napoli, tidak memiliki peluang untuk menyelamatkan bola tersebut, dan bola dengan meyakinkan meluncur ke dalam gawang. Fiorentina mencetak gol ketiga mereka dalam pertandingan ini, menjauhkan diri dari Napoli dengan skor 3-1.

Dengan kemenangan ini, Fiorentina berhasil melompati Napoli dan menduduki posisi keempat dalam klasemen Serie A, unggul tiga poin dari tuan rumah yang berada di posisi kelima. Tim asuhan Giuseppe Iachini hanya terpaut empat poin dari pemuncak klasemen Milan, dan mereka akan menjalani pertandingan selanjutnya melawan Empoli setelah jeda internasional. Di sisi lain, Napoli harus bangkit dari dua kekalahan beruntun dalam seminggu ini dan akan berusaha kembali ke jalur kemenangan ketika mereka menghadapi Verona pada tanggal 21 Oktober.

Susunan Pemain Napoli vs Fiorentina

Susunan Pemain Napoli (4-3-3):

Alex Meret; Giovanni Di Lorenzo, Leo Ostigard, Natan, Mathias Olivera; Andre-Frank Zambo Anguissa, Stanislav Lobotka, Piotr Zielinski; Matteo Politano, Victor Osimhen, Khvicha Kvaratskhelia. Cadangan: Nikita Contini, Hubert Dawid Idasiak, Diego Demme, Mario Rui, Eljif Elmas, Giovanni Simeone, Alessio Zerbin, Jens Cajuste, Jesper Lindstrom, Luigi D’Avino, Alessandro Zanoli, Gianluca Gaetano, Giacomo Raspadori.

Susunan Pemain Fiorentina(4-2-3-1):

Pietro Terracciano; Michael Kayode, Lucas Martinez, Nikola Milenkovic, Fabiano Parisi; Alfred Duncan, Arthur; Jonathan Ikone, Giacomo Bonaventura, Josip Brekalo; M’Bala Nzola. Cadangan: Tomasso Martinelli, Tommaso Vannucchi, Cristiano Biraghi, Riccardo Sottil, Maxime Lopez, Lucas Beltran, Nicolas Gonzalez, Luca Ranieri, Gino Infantino, Pietro Comuzzo, Rolando Mandragora, Antonin Barak, Lorenzo Amatucci, Christian Kouame.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!