Bayer Leverkusen Diselamatkan Pahlawan Nigeria Mereka 11 Menit Jelang Bubaran

Gilabola.com – Bayer Leverkusen 11 menit jelang bubaran pertandingan di BayArena, Senin dinihari (4/12) terlihat seolah-olah akan menderita kekalahan pertama mereka musim ini, tertinggal satu gol Borussia Dortmund.

Gol Julian Ryerson saat pertandingan belum lagi berusia lima menit memberi satu gol bagi BVB yang kemudian mereka pertahankan mati-matian nyaris sepanjang 30 menit pertandingan di kandang B04 itu.

Satu gol dari Florian Wirtz jelang akhir babak pertama seolah-olah akan menyamakan skor, namun menimbulkan kekecewaan pendukung tuan rumah setelah dibatalkan wasit dengan alasan offside. Barulah pada 11 menit jelang akhir, Victor Boniface menyamakan kedudukan 1-1.

Leverkusen Dengan Demikian Belum Terkalahkan 

Skuad Xabi Alonso itu dengan demikian berhasil mempertahankan reputasi mereka belum terkalahkan dari 13 pertandingan awal musim 2023/24 ini.

Ini merupakan hasil imbang kedua kalinya, nihil kekalahan dari 13 laga, dan 11 kemenangan.

Namun B04 dalam bahaya disamakan poin oleh Bayern Munchen pada laga pekan ke-14 akhir minggu depan di Eintracht Frankfurt, 9 Desember 2023.

Laga pekan ke-13 Die Roten yang seharusnya berlangsung akhir pekan ini ditunda karena badai hujan salju yang sangat tidak memungkinkan pertandingan dilangsungkan di Allianz Arena, selain risiko sangat besar bagi para penonton untuk melakukan perjalanan ke dan dari stadion.

Siapakah Victor Boniface?

Boniface merupakan satu dari sedikit pemain yang didatangkan Xabi Alonso ke BayArena pada musim panas 2023. Ia berasal dari Nigeria dan bermain bagi Royal Union SG di Belgia.

AYO JOIN CHANNEL WHATSAPP GILABOLA.COM UNTUK MENDAPATKAN UPDATE TERBARU SEPUTAR SEPAK BOLA! KLIK DI SINI GIBOLERS!

Ia baru satu musim merumput bagi tim Jupiler Pro League itu setelah sebelumnya bermain bagi Bodo/Glimt, tim asal Norwegia.

Sang penyerang Nigeria berumur 22 tahun itu sudah mencetak delapan gol bagi B04 sejauh musim ini, selain empat gol lainnya di ajang Liga Europa, sehingga total ada 12 gol disumbangkannya bagi klub yang kini menghuni posisi teratas Bundesliga tersebut.

Apa Selanjutnya Bagi Bayer Leverkusen?

Lukas Hradecky dan rekan-rekannya lolos dari horor yang diciptakan oleh Borussia Dortmund pada pekan ke-13 ini dan selanjutnya akan menghadapi Stuttgart pada pekan selanjutnya.

Leverkusen banyak membuang-buang peluang selama 90 menit, terlihat dari angka xG atau harapan gol, yang mencapai 2.33, yang seharusnya berujung setidaknya dua gol. Namun kenyataannya hanya satu saja.

Memiliki dominasi bola mencapai 61 persen dan percobaan gol sebanyak 22 kali, dengan enam terarah tepat sasaran, tidak membuat skuad Xabi Alonso berhasil mendapatkan gol tambahan.

Bandingkanlah itu dengan BVB yang hanya memiliki enam upaya gol dan dua serangan tepat sasaran ke gawang Hradecky. Satu berujung gol yang berarti efektifitas lebih tinggi diperoleh tim kuning ini di depan gawang lawan.