Bukan Cuma Bayern Munchen, Xabi Alonso Benar-benar Guncang Bayer Leverkusen

Gila Bola – Kekalahan terakhir Bayern Munchen dari Bayer Leverskusen telah membawa dampak besar pada nasib Julian Nagelsmann.

Ternyata, bukan cuma Bayern Munchen, sang pelatih Xabi Alonso juga telah ‘mengguncang’ klubnya sendiri, Bayer Leverkusen.

Bersama Bayer Leverkusen, Xabi Alonso sebenarnya baru jalani musim pertamanya di manajemen tim senior. Ia baru didatangkan ke BayArena di bulan Oktober 2022, saat tim Bundesliga itu merosot ke urutan 17. Namun, sekitar lima bulan kemudian, mereka meroket ke posisi delapan klasemen sementara.

Pelatih Bayer Leverkusen berusia 41 tahun itu sudah memandu 24 pertandingan, di mana ia memenangkan 13 laga di antaranya, empat kali imbang dan tujuh kali alami kekalahan sejak ia mengambil alih klub tersebut.

Namun, diungkapkan ThisisAnfield.com, kemenangan terakhir timnya telah memberi dampak besar bagi Bayern Munchen, yang langsung lakukan pergantian pelatih dengan memecat Julian Nagelsmann dan menggantikannya dengan pelatih Jerman lainnya yang tak kalah pamor, Thomas Tuchel.

Bersama Xabi Alonso, Leverkusen Menang di 7 Laga Terakhir

Di pertandingan terakhir sebelum jeda internasional bulan Maret, skuad Leverkusen asuhan Xabi Alonso menang 2-1 atas Die Roten lewat dua gol yang mereka bukukan di babak kedua. Hasil ini juga sukses memperpanjang catatan kemenangan Die Werkself di tujuh pertandingan terakhir.

Namun, sementara Alonso mendapat pujian di Jerman terkait kiprahnya di musim perdana bersama tim senior, Nagelsmann malah harus mengemasi barang-barangnya di saat ia baru sebentar jalani tugasnya di Allianz Arena, yakni kurang dari dua tahun dari lima tahun kontraknya bersama Die Roten.

Berita pemecatan pelatih berusia 35 tahun oleh Bayern Munchen ini cukup mengejutkan, sementara di tangannya Thomas Muller dan kawan-kawan saat ini turun ke peringkat dua – satu poin di bawah pemimpin klasemen sementara, Borussia Dortmund.

Bayern Munchen ‘Bukan Pecat’ Nagelsmann, Hanya ‘Dibebastugaskan’

Diungkapkan Sky Germany, Nagelsmann ‘dibebastugaskan’ dan bukannya ‘dipecat’ di mana keputusan ini diambil akibat ‘perkembangan tim yang negatif’ di ajang liga dan ‘kurangnya pengembangan pemain’.

Diungkapkan sebelumnya, Bayern telah menunjuk Thomas Tuchel untuk jadi pengganti Nagelsmann – pelatih yang didepak Chelsea pada bulan September 2022.

Laga Perdana Tuchel di Bayern Munchen: Hadapi Bekas Klub

Bersama Bayern, Tuchel diberitakan akan teken kontrak hingga 2025. Dan laga perdana yang akan dikawalnya, adalah laga melawan Dortmund – klub yang pernah diasuhnya selama dua tahun.

Ini juga berarti perubahan manajer bagi Sadio Mane – yang diganti di jeda turun minum di laga terakhir Nagelsmann bersama Bayern.

Kembali ke Alonso, timnya kini tengah berusaha merambah zona kualifikasi Eropa Рdi mana mereka sekarang  berada tiga poin di belakangnya, dan mengincar kemenangan di laga perempat final Liga Europa melawan Union SG.

Kategori: Liga Jerman
Topik: Bayer Leverkusen, Bayern Munchen, Xabi Alonso