Giliran Mats Hummels Tinggalkan Borussia Dortmund

Gila Bola – Setelah ditinggal sang pelatih, Edin Terzic, Borussia Dortmund kini ditinggal bek veterannya, Mats Hummels.

Borussia Dortmund mengumumkan pada hari Jumat (14/6) waktu setempat, bahwa Hummels akan tinggalkan Signal Iduna Park di musim panas ini.

“Suporter Borussia Dortmund, waktu saya di skuad Black & Yellows sudah berakhir setelah 13 tahun saya berada di sini,” demikian ungkap Hummels dalam pernyataan pribadinya yang dipublikasikan pihak klub Jerman tersebut, seperti dilansir One Football.

“Sebuah kehormatan besar dan kegembiraan bagi saya bermain untuk BVB dalam waktu yang lama, dan hampir selalu hadir dalam perjalanan – dari peringkat ke-13 di klasemen pada bulan Januari 2008 hingga apa yang telah dicapai Borussia Dortmund saat ini. Klub ini dan suporternya sangat spesial – bahkan lebih dari itu bagi saya,” lanjut pernyataan Hummels tersebut.

Mats Hummels Diakui Sebagai Kekuatan Borussia Dortmund

Direktur Olahraga Dortmund, Lars Ricken, juga mengungkapkan bagaimana Hummels telah menjadi salah satu kekuatan yang mendorong kejayaan BVB selama 15 tahun terakhir ini.

“Dia ikut memenangkan banyak trofi, dan tak diragukan lagi pencapaian pribadinya, yakni saat ikut membawa Jerman memenangkan Piala Dunia tahun 2014,” ujar Ricken.

Hummels memang kantongi banyak prestasi. Selain ikut membawa Jerman menang di Piala Dunia 2014, ia juga mencetak lima gol dalam 78 penampilannya bagi skuad Die Mannschaft.

Hummels juga sudah mengoleksi enam gelar Bundesliga – empat bersama Bayern Munchen dan dua bersama Borussia Dortmund.

Kini, Hummels akan tinggalkan Dortmund di bulan ini, dengan status agen bebas. Ia disebut-sebut sudah mendiskusikan masa depannya selama beberapa bulan terakhir, dan tak yakin apakah dia akan melanjutkan kontraknya di BVB semusim lagi.

Tunjukkan Permainan Solid Walau Dicoret dari Skuad Jerman untuk Piala Eropa

Meskipun sudah berumur, 35 tahun, tapi Hummels tunjukkan permainan yang solid, terutama di akhir musim 2023/24. Terutama ketika ia diandalkan untuk bermain di Liga Champions, dan ikut membawa BVB melaju ke final, meskipun akhirnya kalah dari Real Madrid.

Sayangnya penampilannya bersama Dortmund gagal menarik hati pelatih Timnas Jerman, Julian Nagelsmann, hingga ia dicoret dari skuad Piala Eropa 2024.

Beberapa pekan terakhir ini merupakan masa-masa yang luar biasa bagi Dortmund dan fanbase mereka.

BVB berhasil mencapai final Liga Champions sebelum ucapkan selamat tinggal kepada legenda yang lainnya, Marco Reus. Ini kemudian diikuti dengan hengkangnya sang pelatih kepala, Edin Terzińá, dan kini Mats Hummels – secara mengejutkan.