Mental Juara Emang Beda! Dortmund Giliran Harus Menang Malah Kalah, Disalip Bayern!

Gila Bola – Drama terjadi di dua stadion berbeda saat Borussia Dortmund gagal menang atas tamunya Mainz, dan kehilangan tiga poin dimanfaatkan baik oleh pasukan Thomas Tuchel untuk meraih gelar juara Bundesliga ke-33 sepanjang sejarah.

Namun FC Koln memastikan gelar juara Bayern Munchen tidak diraih dengan mudah saat BVB pada jam yang sama tertinggal 1-2 dan kemudian menyamakan skor 2-2 lawan tamunya Mainz dan menyediakan semua yang dibutuhkan oleh Die Roten untuk meraih gelar juara Liga Jerman ke-33.

Seluruh laga pekan terakhir, pekan ke-34 Bundesliga, dilangsungkan bersamaan pada Sabtu malam (27/5) untuk menghindari adanya main mata dua klub guna menyingkirkan klub lainnya. Namun kewajiban menang BVB rupanya masih sangat berat ditanggung oleh anak-anak Edin Terzic.

Di jam yang sama Die Roten tengah unggul di kandang FC Koln, memberi Thomas Tuchel trofi pertamanya usai tersingkir di ajang DFB Pokal dan Liga Champions. Tetapi sepakan penalti Dejan Ljubicic sembilan menit sebelum akhir merusak suasana, sebelum Jamal Musiala mengambil alih tanggung jawab dengan golnya jelang akhir. Skor 1-2 bagi kemenangan tim tamu Bayern Munchen.

Apa yang Terjadi Sebelum Kick-off Dortmund dan Bayern?

Jude Bellingham dan rekan-rekannya tengah memimpin klasemen Bundesliga usai dua kekalahan mengejutkan Bayern di tangan RB Leipzig terakhir kali 1-3, dan kekalahan sebelumnya 3-1 pada pekan ke-29 di kandang Mainz.

BVB memimpin klasemen di urutan satu dengan perolehan nilai 70, sedangkan FCB menduduki urutan kedua dengan nilai 68.

Namun perkembangan di hari terakhir Sabtu 27 Mei tidak disangka-sangka setelah tim kuning menderita dua gol kebobolan pada babak pertama, sebelum dan sesudah kegagalan sepakan penalti Sebastien Haller.

Edin Terzic melakukan pergantian besar-besaran pada paruh kedua yang berujung gol dari defender Portugal Raphael Guerreiro pada 21 menit jelang akhir pertandingan, sebelum Niklas Sule menambahkan satu gol lagi pada masa injury time, menyamakan skor 2-2. Tetapi satu poin terlalu sedikit dan terlalu terlambat.

Perkembangan yang Terjadi di Kandang FC Koln

Kingsley Coman menceploskan gol pada menit kedelapan laga di RheinEnergieStadion. Sempat kembali imbang usai penalti dari Dejan Ljubicic, Jamal Musiala memastikan kemenangan Die Roten pada menit 89.

Sehingga Die Roten yang sebelum kick-off dimulai merupakan tim yang tidak difavoritkan juara, malah berbalik merebut trofi Bundesliga mereka. Ini memperlihatkan mental juara dalam diri tim berbasis di negara bagian Bavaria tersebut.

Posisi akhir kedua tim raksasa Liga Jerman itu, Bayern di puncak dengan 71 poin, unggul selisih gol atas BVB urutan kedua juga dengan 71 poin.

Gelar Juara ke-11 Dari Stern des Südens

Dengan demikian sudah 11 musim beruntun tim jersey merah ini berhasil meraih gelar juara Liga Jerman. Terakhir kali mereka gagal melakukannya adalah pada 2011 dan 2012, dengan tim kuning Die Borussen mengambil alih kebanggaan mengangkat trofi.

Antara 2013 sampai 2022 Bayern selalu berhasil menjadi juara dan meminggirkan Dortmund ke posisi kedua pada enam kesempatan. Kini angkanya menjadi 11 kali juara dan menyingkirkan BVB ke ranking kedua pada TUJUH musim!

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!