Pemenang 9 Kali Juara Serie A Gabung Klub Bundesliga, Eh di Ambang Degradasi

Gilabola.com – Kasihan Leonardo Bonucci. Setelah diabaikan pada musim terakhirnya di Juventus, ia melakukan transfer ke sebuah klub fenomenal di Bundesliga Jerman, yang baru saja mengakhiri musim pada urutan empat. Eh, malah sekarang terancam degradasi.

Bonucci sepertinya membuat keputusan tepat saat ia melakukan transfer dari Juventus ke Union Berlin pada 1 September 2023. Klub ibukota Jerman itu baru saja menempati posisi keempat klasemen akhir musim 2022/23 dan lolos ke Liga Champions.

Tidak ada yang salah, kan? Bianconeri juga sudah tiga musim terakhirnya gagal meraih Scudetto di Serie A. Jadi itu terlihat seperti sebuah keputusan yang benar dari bek 36 tahun tersebut.

Kedatangan Bonucci mestinya akan membuat pertahanan Die Eisernen lebih baik lagi. Salah besar! Alih-alih naik posisi, mereka kini menempati urutan terbawah klasemen Liga Jerman dan terancam tersingkir di kompetisi Eropa.

Apa yang Terjadi dengan Union Berlin? 

Klub Bundesliga itu merupakan sebuah tim fenomenal. Setelah bertahun-tahun mendekam di divisi bawah sepak bola Jerman dan naik ke divisi kedua pada 2009, Urs Fischer sang pelatih kepala berhasil membawa mereka promosi ke divisi teratas Bundesliga pada 2019.

Musim pertamanya di sana, klub ibukota Jerman itu mengakhiri musim 2019/20 di urutan 11. Lalu naik ke posisi tujuh pada musim 2020/21, yang memberi mereka Liga Europa untuk pertama kalinya. Naik lagi ke urutan kelima pada akhir 2021/22. Musim kedua di kompetisi kedua Eropa.

Lalu terjadilah keajaiban pada akhir musim 2022/23 saat Union Berlin mengejutkan bukan hanya Jerman tetapi juga seluruh dunia dengan finish pada ranking keempat.

Itu sebabnya Union berlaga di kompetisi Liga Champions musim baru ini, satu grup dengan Real Madrid, Napoli dan Braga. Yang disebut terakhir ini merupakan sebuah tim kecil asal Portugal.

Apakah Ada Jasa Leonardo Bonucci di Union Berlin?

Ada. Salah satu jasa terbesarnya adalah mempercepat pemecatan Rudi Garcia sebagai pelatih Napoli, menjadikan sang pelatih Perancis salah satu manajer dengan periode kerja paling singkat di Stadio Diego Maradona. Hanya 152 hari saja!

Peran besar Bonucci di pertahanan menyebabkan tim Jerman yang tidak dijagokan itu berhasil menahan imbang Napoli 1-1 pada matchday keempat Liga Champions, setelah dua pekan sebelumnya menghabisi Die Eisernen di kandang sementaranya di Olympiastadion.

Namun dengan hanya satu hasil imbang dan tiga kekalahan kontra Los Blancos 1-0, lalu kalah lagi 2-3 saat melawan Braga dan kalah 0-1 kontra Napoli di matchday ketiga, Bonucci dan rekan-rekannya di ambang tersingkir dari kompetisi kuping besar.

Marco Grote dan Marie-Louise Eta adalah pelatih dan asisten pelatih yang akan masuk menggantikan Urs Fischer di Union Berlin. Kedua orang itu sebelumnya menangani tim U19. Mereka diberi tugas menyelamatkan tim dari degradasi.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!