Barcelona Bertemu Tim-tim yang Tak Bisa Dianggap Remeh di Babak 16 Besar

Gila Bola – Barcelona berpotensi bertemu PSG dan Inter Milan di babak 16 besar Liga Champions, setelah lolos sebagai juara Grup H.

Barcelona memang kalah 2-3 dari Royal Antwerp di pertandingan terakhir fase grup Liga Champions, Kamis (14/12) dini hari, tetapi mereka sudah dijamin lolos kualifikasi sebelum laga di kandang klub Belgia tersebut.

Sebenarnya, tempat pertama Grup H baru bisa dipastikan sampai Shakhtar Donetsk lakukan sesuatu yang luar biasa di laga melawan Porto yang berlangsung di Portugal, yang, tak kaget jika hal itu tidak terjadi.

Dengan demikian, Barcelona berhasil lolos ke babak 16 besar Liga Champions musim ini — untuk pertama kalinya dalam tiga tahun terakhir, setelah dua tahun sebelumnya mereka turun ke Liga Europa.

Ini Daftar Calon Lawan Barcelona di Babak 16 Besar

Dengan menempati posisi teratas grup, berarti Barcelona berhasil menghindari tim-tim seperti Manchester City, Arsenal dan Bayern Munchen. Namun masih ada sejumlah tim tangguh yang harus diwaspadai, meskipun mereka merupakan tim-tim yang finis di posisi kedua grup.

FC Copenhagen finis di posisi kedua di belakang Bayern Munchen di Grup A, dan mereka berpeluang hadapi Barcelona di babak 16 besar.

Mereka berhasil kalahkan Galatasaray dan Manchester United, dengan torehan menang dua kali, dua kali imbang dan kalah dua kali – semuanya sambil menjaga selisih nol gol. Catatan ini juga termasuk hasil imbang 0-0 melawan Bayern Munchen di Allianz Arena.

Barcelona Berpeluang Hadapi Mantan Pemain

Lalu, ada pula PSV Eindhoven yang bisa diundi untuk bertemu Barca di babak 16 besar, setelah finis sebagai runner-up di belakang Arsenal. Mereka hanya kalah di satu pertandingan grup, yakni kalah 0-4, dari skuad Mikel Arteta.

PSV juga dipimpin wajah yang tak asing lagi dan pernah membela Barca, Luuk de Jong, di samping tak bisa menganggap PSV sebagai sebuah tim kecil.

Di Grup C, Napoli amankan 10 poin lewat tiga kemenangan dan satu hasil imbang. Mereka hanya kalah dari Real Madrid di kedua pertemuan. Barca sudah beberapa kali bertemu I Partenopei di masa lalu, dan tahu betul mereka harus dianggap serius.

Real Sociedad berhasil kalahkan Inter Milan di Grup D, yang berarti finalis tahun lalu bisa bertemu dengan Barca. Tim asal Italia itu kalahkan Barca di fase grup tahun lalu, dan sangat mampu mengulangi prestasinya tersebut musim ini.

Barcelona Bertemu PSG akan Jadi Laga Paling Menarik

Tim Italia lainnya, Lazio, juga menjadi runner-up di Grup E, di mana mereka sama-sama mencetak dan kebobolan tujuh gol.

Kemungkinan pertemuan kedua tim di babak 16 besar tentunya bisa menjadi kesempatan bagi Pedro Rodriguez untuk bertemu lagi dengan klub asalnya – untuk pertama kalinya, sejak dia pindah ke Chelsea di bawah asuhan Antonio Conte.

Namun, pertemuan yang bisa jadi paling menarik adalah, jika Blaugrana bertemu PSG di babak 16 besar – tim yang finis tiga poin di belakang Borussia Dortmund di Grup F berkat hasil imbang 1-1 dini hari tadi. Dengan kedua tim yang sedang berjuang di Liga Champions, pertemuan mereka tentunya akan sangat menarik.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!