Barcelona Boleh Bermain di Liga Champions Musim Depan, untuk Sementara!

Gila Bola – Barcelona akhirnya mendapat persetujuan Uefa untuk ambil bagian di Liga Champions musim depan.

Dalam pernyataan resminya, Uefa mengonfirmasikan bahwa Barcelona – untuk sementara waktu, akan diijinkan untuk berpartisipasi di Liga Champions musim 2023/24, karena investigasi mereka terhadap kasus Negreira sekarang telah ditunda.

Uefa telah lakukan penyelidikan terkait dugaan suap yang dilakukan Barcelona kepada mantan Wakil Presiden Komite Wasit, Enriquez Negreira. Tim Catalan itu diduga telah membayar Negreira untuk memengaruhi ofisial pertandingan, tapi tak ditemukan bukti yang mendukung klaim tersebut.

Barcelona selalu menyatakan, pembayaran itu dilakukan sebagai imbalan atas laporan pemantauan pemain muda di Spanyol dan wasit.

Mengingat seriusnya tuduhan itu, Uefa kemudian melakukan investigasi terkait masalah itu, tapi Barcelona kemudian dinyatakan tak akan mendapat sanksi dan dilarang berpartisipasi di kompetisi Eropa.

Hanya Keputusan Sementara untuk Barcelona

Hanya saja, sebuah konfirmasi resmi terkait masalah ini menyatakan, Komisi Banding Uefa memberi lampu hijau pada klub Catalan itu untuk berpartisipasi di Liga Champions musim depan.

“Proses mengenai masuknya Barca ke kompetisi Uefa musim 2023/24 ditangguhkan dan bisa dilanjutkan, ex officio, atau atas permintaan dari Inspektur Etika dan Disiplin (EDI) yang bertanggung jawab terkait kasus ini,” demikian pernyataan resmi Uefa terkait hal ini.

“Barca sementara ini diijinkan ambil bagian dalam kompetisi klub yang digelar Uefa pada musim 2023/24. Keputusan di masa depan terkait masuk atau keluar dari kompetisi klub Uefa tersebut sudah ditentukan,” lanjut pernyataan itu.

Barcelona Dapat Masukan Dana dengan Keluarnya Ijin Ikuti Kompetisi Eropa 

Pernyataan dari Uefa selanjutnya menyatakan, Blaugrana harus terus menginformasikan pihak EDI mengenai perkembangan investigasi dan berikan seluruh dokumen serta informasi yang diminta.

Pihak EDI juga telah diundang untuk lanjutkan investigasi mereka dalam kasus dan ajukan laporan, jika mereka mempertimbangkan masuk/keluarganya Barca dari kompetisi harus dievaluasi.

Dengan adanya jaminan bahwa Barca akan berlaga di Liga Champions musim depan, maka itu juga akan berarti ada dorongan finansial yang besar bagi klub di musim depan.

Setelah tersingkir di fase grup Liga Champions selama dua musim terakhir, kini Joan Laporta, Xavi dan skuad Catalan menargetkan keseuksesan di kompetisi Eropa. Demikian diungkapkan Barca Universal.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!