Delapan Pemain Baru Chelsea, Hanya Tiga yang Bisa Didaftarkan ke Liga Champions

Gila BolaChelsea melakukan bisnis transfer yang gila di jendela transfer Januari 2023 ini, mengontrak hingga delapan pemain baru dan menghabiskan hingga sekitar Rp 5,5 Trilyun dalam prosesnya, menurut perhitungan The Independent.

Tujuh di antaranya adalah transfer permanen yaitu Enzo Fernández, Mykhaylo Mudryk, Benoît Badiashile, Noni Madueke, Andrey Santos, David Datro Fofana, dan Malo Gusto, tapi nama terakhir dikembalikan ke Lyon dengan status pinjaman.

Satu lainnya adalah pemain pinjaman dari Atletico Madrid senilai Rp 191 Milyar yaitu Joao Felix, namun banyaknya transfer masuk pada Januari ini akan memberi masalah baru bagi Chelsea.

Empat Pemain Ditinggal

Chelsea mengontrak delapan pemain baru dan tujuh di antaranya berada di skuad mereka saat ini, hanya saja akan timbul masalah soal pendaftaran skuad untuk babak fase gugur Liga Champions yang akan dimulai bulan ini.

Advertisement
SBOBETCASH
SBOBETCASH
JayaPoker
JayaPoker
HKIndo
HKIndo

Aturan Liga Champions hanya memperbolehkan adanya tiga perubahan dari skuad yang didaftarkan dari babak fase grup, artinya hanya tiga dari tujuh pemain baru yang bisa didaftarkan, empat lainnya harus ditinggalkan.

Lebih mengenaskannya lagi, bagi empat pemain yang tidak terpilih itu, mereka bisa dipaksa menunggu setidaknya 18 bulan lagi untuk bisa bermain di Liga Champions bersama Chelsea karena klub sekarang berada di peringkat ke-10 Premier League, diragukan bisa finish empat besar di akhir musim.

Tiga Pemain Keluar

Sebelum mendaftarkan tiga pemain ke daftar baru, Graham Potter harus terlebih dulu memilih siapa yang akan dikeluarkan, namun satu tempat sudah pasti adalah milik Jorginho, yang sudah pindah ke Arsenal.

Dua slot lainnya mungkin akan dipertimbangkan dari daftar para pemain cedera karena ada setidaknya 10 pemain yang saat ini cedera, jadi akan perlu dinilai siapa di antara mereka yang paling kecil kemungkinan untuk bermain lagi.

Sementara menurut apa yang diberitakan oleh SunSport, Hakim Ziyech bisa jadi salah satu nama yang dikorbankan untuk dicoret dari skuad Liga Champions usai dia gagal pindah ke Paris Saint-Germain dan memiliki persaingan semakin sengit di lini depan.

Tiga Pemain Terpilih

Peraturan Liga Champions hanya mengizinkan klub mengubah tiga dari daftar pemain senior mereka untuk babak dengan tidak ada pemain baru yang memenuhi persyaratan untuk masuk ke ‘Daftar B’ pemain junior, menurut Sunsport.

Dari tujuh nama pemain baru, tiga yang paling mungkin dipilih adalah Enzo Fernandez, Joao Felix, dan Mykhaylo Mudryk, yang berarti bahwa Benoit Badiashile dan lainnya harus pasrah hanya fokus di liga domestik.

Memang ketiga penyerang itu masih bisa didaftarkan ke Liga Champions meski sudah bermain untuk klub lain sebelumnya di babak fase grup berkat aturan baru dari UEFA, dengan Chelsea harus menyerahkan daftar skuad yang diperbarui kepada UEFA pada tengah malam Kamis.

IBOSport
TexasPoker
JokerNet88