Grup Liga Champions Paling Lelah Saat Tandang, Bukan Grup H, Tapi Grup A

Gila Bola – Tadinya sih Grup H Liga Champions yang terdiri dari Barcelona dan juga FC Porto akan sangat menderita saat tandang. Tapi kini berubah menjadi Manchester United di Grup A yang akan kelelahan saat tandang. Sudah tahu belum alasannya?

Di dalam Grup H ada Shakhtar Donetsk, klub asal Ukraina. Kandangnya di negeri asalnya, Donbas Arena, sudah dibom Rusia sejak empat tahun lalu, jadi tidak mungkin menggelar laga di sana.

Mereka sempat pindah ke National Sports Complex Olympiyskiy di Kyiv, tetapi juga tidak mungkin menjadi tuan rumah laga-laga Liga Champions karena sejak pecah perang lawan Rusia setahun terakhir, ibukota Ukraina itu juga kena serangan rudal.

Menggelar pertandingan sepak bola di Kyiv tidak mungkin dilakukan karena setiap beberapa menit bisa ada bunyi sirine pertanda serangan udara Rusia.

Musim lalu Shakhtar menggelar laga-laga kandang di Warsawa Polandia, yang juga cukup jauh di sisi timur Eropa. Namun kali ini Shakhtar Donetsk memutuskan pindah kandang ke Volksparkstadion di Hamburg, Jerman bagian utara. Jadi, mendadak Barca dan Porto dan Royal Antwerp tidak perlu pergi terlalu jauh.

Lalu Mengapa Grup A Kini Menjadi Grup Paling Menderita?

Sejak Shakhtar memutuskan untuk pindah kandang ke Hamburg di Jerman bagian utara, kini perjalanan tandang paling jauh akan diderita oleh Grup A yang terdiri dari Bayern Munchen, Manchester United dan FC Copenhagen.

Itu karena mereka harus tandang ke Galatasaray yang bermarkas di Istanbul. Ibukota negara Turki itu kini menjadi lokasi paling timur dari semua tim yang lolos ke penyisihan grup Liga Champions ini. Anda bisa mengeceknya pada peta di bawah ini.

Sebaliknya, Mauro Icardi, Dries Mertens, Hakim Ziyech dan Wilfried Zaha juga akan kelelahan saat mereka tandang ke Copenhagen di utara, dan Manchester United di barat laut Eropa. Jarak paling dekat kini justru ke Bayern Munchen di Jerman selatan.

Shakhtar pada peta di atas terletak paling jauh di timur, dekat perbatasan Rusia. Tapi kandang mereka itu Donbas Arena sudah bertahun-tahun ditinggalkan, yakni sejak Rusia menginvasi kawasan timur Ukraina beberapa tahun silam.

Benfica, Porto, Braga Jadi Titik Paling Barat

Tim-tim asal Portugal kini akan menjadi stadion paling barat dari semua lokasi Liga Champions musim ini. Benfica, misalnya, satu grup dengan Inter di Italia, Salzburg di Austria dan Real Sociedad. Tim La Liga ini akan merasa beruntung cukup dekat secara jarak dengan klub Portugal itu.

FC Porto tidak terlalu jauh dari kota Barcelona, namun menempuh jarak yang lumayan saat tandang ke Hamburg yang menjadi kandang baru Shakhtar, dan akan lebih jauh lagi saat laga-laga away ke Copenhagen di Denmark.

Braga, yang satu ini bukan nama jalan terkenal di Bandung melainkan klub asal Portugal, dengan senang hati akan terbang ke Real Madrid yang termasuk dekat, namun akan menghabiskan beberapa jam saat tandang ke Napoli di Italia selatan dan Union Berlin di Jerman bagian timur.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!