Hasil Liga Champions : Dua Wakil La Liga Tersingkir, PSG dan BVB Melaju ke Babak Semifinal

Gila Bola – Sempat digadang-gadang akan ada pertemuan sesama tim La Liga di babak semifinal, justru duo Atletico Madrid dan Barcelona tersingkir setelah leg kedua babak perempat final Liga Champions masing-masing.

Padahal kedua tim favorit untuk lolos ke babak berikutnya usai unggul di leg pertama, dengan Atletico Madrid menang 2-1 di kandang atas Borussia Dortmund, sementara Barcelona mengungguli Paris Saint-Germain dengan skor 2-3 di Parc des Princes.

Sayangnya bahwa keduanya gagal mempertahankan keunggulan dan akhirnya tereliminasi di babak perempat final, menyisakan hanya Real Madrid yang saat ini masih bertahan, meski harus melawan Manchester City di Etihad.

Dortmund 4-2 Atletico Madrid

Tanda-tanda kekalahan Atletico Madrid sudah terasa sejak babak pertama di mana mereka sudah tertinggal dua gol melalui gol-gol Julian Brandt menit ke-34 dan Ian Maatsen menit ke-39.

Sebenarnya pasukan Diego Simeone sempat membuka harapan lolos saat gol bunuh diri Mats Hummels menit ke-49 menyamakan skor agregat menjadi 3-3, sebelum Angel Correa membawa Rojiblancos unggul agregat 3-4.

Namun Borussia Dortmund yang memang tampil lebih dominan akhirnya bangkit dan membalas lewat dua gol dalam tempo tiga menit melalui Nilas Fullkrug dan Marcel Sabitzer.

Hasil ini membawa pasukan Edin Terzic lolos ke babak semifinal berkat keunggulan agregat 5-4 atas Atletico Madrid, pencapaian yang cukup fantastis mengingat mereka hanya berada di peringkat kelima klasemen Bundesliga.

Barcelona 1-4 Paris Saint-Germain

Dengan rekor tak terkalahkan sejak pengumuman pengunduran diri Xavi dan keunggulan 2-3 di leg pertama, jelas Barcelona dianggap favorit untuk bisa lolos ke babak semifinal Liga Champions.

Hal-hal tampak berjalan sesuai harapan saat Raphinha, yang mencetak dua gol di leg pertama, kembali mencetak gol bagi Blaugrana lewat golnya menit ke-12 yang semakin membawa tim Catalan unggul dalam agregat.

Tapi sebuah kesalahan yang dilakukan Ronald Araujo akhirnya bersifat fatal dan mengubah alur pertandingan. Bek Argentina itu dikartu merah menit ke-29 karena melanggar Bradley Barcola dalam situasi akan mencetak gol dan hampir tinggal berhadapan dengan kiper.

Kehilangan bek tengah, Xavi menggantikan Lamine Yamal dengan Inigo Martinez, sayangnya bahwa kalah jumlah pemain ini benar-benar kemudian dimanfaatkan secara maksimal oleh PSG.

Mantan Barca, Ousmane Dembele, menyamakan skor menit ke-40, sebelum Vitinha membalikkan skor menjadi 1-2 dan menyamakan agregat lewat golnya di awal babak kedua.

Pada akhirnya, penalti Kylian Mbappe menit ke-61 dan gol lainnya menit ke-89 mengubah skor menjadi 1-4, menyingkirkan Barcelona dengan skor agregat 4-6, dan membawa Paris Saint-Germain lolos ke semifinal dan akan berhadapan dengan Borussia Dortmund.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!