Manchester City Bayar Berapa ke UEFA? Kebagian Drawing Mudah Liga Champions

Gila BolaManchester City sepertinya dalam perjalanan untuk mempertahankan gelar juara Liga Champions mereka setelah kebagian grup yang sangat mudah usai drawing tadi malam. Coba lihat komposisi tim di Grup H!

Skuad Pep Guardiola itu merupakan sang juara bertahan kompetisi elit Eropa setelah merebut trofi kuping besar pada final UCL 2023, mengalahkan Inter di final berkat gol tunggal Rodri.

Kini Erling Haaland dan rekan-rekannya kebagian jalan mudah untuk setidaknya lolos dari tahap grup, setelah disatukan dengan RB Leipzig asal Bundesliga, Red Star Belgrade dari Serbia dan Young Boys asal Swiss.

Man City Terhindar Dari Inter, atau Real Madrid, atau Milan, atau Galatasaray

Sang juara Inggris tahun lalu itu terhindar satu grup dengan beberapa raksasa Eropa lainnya yang menghuni Pot Kedua, seperti Real Madrid atau Inter, tim yang mereka hadapi di final 2023.

Mereka kebagian Leipzig, tim nomor tiga paling rendah nilai koefisiennya di Pot Kedua. Tim Bundesliga itu memiliki nilai koefisien UEFA sebesar 83.000. Tidak serendah Arsenal 54.000, yang tidak mungkin satu grup dengan Man City karena sesama Premier League. Juga tidak serendah FC Porto dari Portugal, yang hanya 62.000.

Tapi lumayanlah. Musim lalu Leipzig lolos sebagai tim urutan kedua Grup F, berhasil mengungguli Shakhtar Donetsk dan Celtic sebagai dua tim terbawah grup yang sama.

Bermodalkan Christopher Nkunku dan Josko Gvardiol, selain satu gol lain dari Timo Werner, Leipzig mengalahkan Real Madrid 3-2 pada pekan kelima penyisihan grup yang berlangsung pada 25 Oktober 2022 di Red Bull Arena. Hanya itu saja yang perlu dikhawatirkan.

Musim lalu, saat mereka masih diperkuat Gvardiol dan Nkunku, mereka dihabisi oleh Manchester City dengan skor 7-0! Laga dengan skor telak itu berlangsung pada 14 Maret 2023 di Etihad Stadium.

Sementara leg pertama berlangsung di Red Bull Arena dan usai dengan skor 1-1. Gol dari pihak Leipzig dicetak oleh Gvardiol.

Sekarang Leipzig sudah jauh lebih lemah. Kehilangan Nkunku yang melakukan transfer ke Chelsea, sementara bek tengah mereka Josko Gvardiol sudah direkrut oleh manajer dengan nama mirip, Guardiola, dan akan turun menghadapi bekas timnya ini.

Seberapa Kuat Young Boys dan Red Star Belgrade?

Kita mulai dari klub Serbia ini, yang pada foto di atas ditulis menurut bahasa aslinya, FK Crvena Zvezda. Klub ini merupakan tim kedua paling lemah di Pot Ketiga secara nilai koefisien, 42.000, hanya kalah dari FC Copenhagen yang memiliki 40.500 poin.

Bagaimana Red Star bisa lolos ke tahap penyisihan grup Liga Champions ini? Karena mereka menjadi juara Liga Serbia, unggul 20 poin dari tim urutan kedua.

Sementara itu Young Boys merupakan tim paling kuat di Pot Keempat dengan 34.500. Tim asal Swiss ini mengalahkan Maccabi Haifa di babak play-off untuk merebut satu jatah di penyisihan grup. Leg pertama di Israel usai 0-0, sedangkan leg kedua di Swiss 3-0 bagi Young Boys.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!