Rekam Jejak Real Madrid di Final Piala/Liga Champions: 17 Final, 14 Kali Jadi Juara!

Gila BolaReal Madrid, tim legendaris dengan sejarah panjang dan gemilang di kompetisi Eropa, kembali menunjukkan kelasnya di final Liga Champions UEFA musim 2023/2024.

Bersama Borussia Dortmund, mereka memastikan tempat di partai puncak setelah mengalahkan Paris Saint-Germain dan Bayern Munchen di semifinal.

Tim asal Jerman tersebut hanya memiliki satu kemenangan dalam dua final sebelumnya, sedangkan Madrid telah mengukir sejarah dengan 14 kemenangan dari 17 penampilan final mereka.

Mari kita lihat kembali perjalanan Madrid di final Piala Eropa/Liga Champions yang telah mengukuhkan status mereka sebagai raja Eropa.

1956: Real Madrid 4-3 Stade de Reims

Pada final Piala Eropa pertama yang diadakan di Parc des Princes, Madrid menunjukkan semangat juang yang luar biasa setelah tertinggal 2-0 dalam sepuluh menit awal. Mereka berhasil membalikkan keadaan, dengan gol penentu dari Héctor Rial 11 menit sebelum waktu berakhir, mengamankan kemenangan 4-3.

1957: Real Madrid 2-0 Fiorentina

Final kedua diadakan di Santiago Bernabéu, kandang Madrid. Kali ini, gol penalti Alfredo Di Stéfano di pertengahan babak kedua memecah kebuntuan sebelum Paco Gento menambahkan gol kedua, memastikan kemenangan 2-0 atas Fiorentina.

1958: Real Madrid 3-2 AC Milan (aet)

Di final yang berlangsung di Stadion Heysel, Madrid harus berjuang keras setelah Milan dua kali memimpin. Gol-gol dari Di Stéfano dan Héctor Rial membawa pertandingan ke perpanjangan waktu, di mana gol dari Gento memastikan kemenangan 3-2 untuk Madrid.

1959: Real Madrid 2-0 Stade de Reims

Pertemuan ulang dengan Reims di Neckarstadion Stuttgart berakhir dengan kemenangan Madrid. Gol cepat dari Enrique Mateos dan Di Stéfano memastikan kemenangan 2-0 dan trofi tetap berada di Madrid.

1960: Real Madrid 7-3 Eintracht Frankfurt

Final paling terkenal di Hampden Park, Glasgow, di mana Madrid menghancurkan Eintracht Frankfurt dengan skor 7-3. Puskás mencetak empat gol, sementara Di Stéfano menambah tiga gol, dalam penampilan yang memukau di depan 127.000 penonton.

1962: Benfica 5-3 Real Madrid

Meskipun Puskás mencetak hat-trick, Madrid kalah 5-3 dari Benfica di final yang diadakan di Stadion Olympisch Amsterdam. Dua gol dari Eusebio membantu Benfica mempertahankan gelar mereka.

1964: Inter 3-1 Real Madrid

Dua tahun kemudian, Madrid kembali ke final namun kalah 3-1 dari Inter Milan di Praterstadion, Wina. Dua gol dari Sandro Mazzola dan satu dari Aurelio Milani memastikan kekalahan Madrid.

1966: Real Madrid 2-1 Partizan

Di final yang diadakan di Brussel, Madrid mengalahkan Partizan dengan skor 2-1. Gol dari Amancio Amaro dan Fernando Serena memastikan kemenangan setelah Partizan sempat memimpin lewat gol Velibor Vasović.

1981: Liverpool 1-0 Real Madrid

Setelah 15 tahun absen di final, Madrid kembali ke Parc des Princes namun kalah 1-0 dari Liverpool. Gol telat Alan Kennedy memastikan kemenangan bagi tim Inggris tersebut.

1998: Real Madrid 1-0 Juventus

Di era Liga Champions, Madrid kembali meraih kejayaan di Amsterdam ArenA dengan kemenangan 1-0 atas Juventus. Gol tunggal dari Predrag Mijatović memastikan gelar ketujuh bagi Madrid.

2000: Real Madrid 3-0 Valencia

Madrid meraih gelar kedelapan di final all-Spanish pertama melawan Valencia di Stade de France. Gol dari Fernando Morientes, Steve McManaman, dan Raúl González memastikan kemenangan telak 3-0.

2002: Real Madrid 2-1 Bayer Leverkusen

Di Hampden Park, Madrid kembali berjaya dengan kemenangan 2-1 atas Bayer Leverkusen. Gol penentu kemenangan dicetak oleh Zinédine Zidane melalui tendangan voli ikoniknya.

2014: Real Madrid 4-1 Atlético (aet)

Di final pertama antara tim-tim dari kota yang sama, Real Madrid mengalahkan Atlético 4-1 di perpanjangan waktu di Lisbon. Sundulan Sergio Ramos di menit akhir waktu normal menyamakan kedudukan sebelum gol dari Gareth Bale, Marcelo, dan Cristiano Ronaldo memastikan kemenangan.

2016: Real Madrid 1-1 Atlético (aet, 5-3pen)

Di San Siro, Real Madrid kembali mengalahkan Atlético melalui adu penalti setelah pertandingan berakhir imbang 1-1. Cristiano Ronaldo mencetak penalti penentu kemenangan.

2017: Real Madrid 4-1 Juventus

Di final yang berlangsung di Cardiff, Madrid mengalahkan Juventus 4-1. Gol dari Ronaldo, Casemiro, dan Asensio memastikan kemenangan setelah Juventus menyamakan kedudukan lewat gol spektakuler Mario Mandžukić.

2018: Real Madrid 3-1 Liverpool

Karim Benzema membuka skor di Kyiv setelah memanfaatkan kesalahan Loris Karius. Meskipun Sadio Mané sempat menyamakan kedudukan, dua gol dari Gareth Bale memastikan kemenangan 3-1 untuk Madrid.

2022: Liverpool 0-1 Real Madrid

Vinícius Júnior mencetak satu-satunya gol di final melawan Liverpool di Saint-Denis. Gol tersebut memastikan gelar ke-14 bagi Madrid dan menjadikan Carlo Ancelotti sebagai pelatih pertama yang memenangkan trofi sebanyak empat kali.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!