Data Argentina Ini Perlihatkan Besarnya Faktor Marcelo Bielsa di Kubu Uruguay

Gilabola.com – Pertama kalinya sejak 1959, Uruguay berhasil mengalahkan dua musuh besarnya Brasil serta Argentina dalam dua laga berturut-turut. Siapa faktor paling penting di sini? Si pelatih La Celeste yang memiliki otot paha sangat kuat, Marcelo Bielsa.

Bekas pelatih Leeds United di Liga Inggris itu, yang setiap kali terlihat sepertinya akan buang air besar di pinggir lapangan dengan posisi jongkoknya itu, merupakan faktor paling penting di balik performa Uruguay yang sangat kuat.

Mereka menang atas Brasil sebelum ini pada matchday keempat di kandangnya sendiri di Estadio Centenario di Montevideo, sebelum mengalahkan Argentina dengan skor sama 2-0 di kandang lawan di La Bombonera.

Data Argentina Apa yang Perlihatkan Kesaktian Marcelo Bielsa?

Untuk pertama kalinya sejak meraih gelar juara dunia 2022 di Qatar, Argentina gagal menang, selain fakta bahwa mereka gagal mencetak satu pun gol.

Lionel Messi yang biasanya menjadi faktor X kemenangan Argentina malah menjadi penyebab kekalahan. Bola dicuri dari kakinya, diteruskan ke Nicolas de la Cruz.

Gelandang River Plate itu pada kesempatan pertama mengirimkan bola terobosan ke Darwin Nunez yang kemudian berlari setengah lapangan memasuki kotak penalti lawan dan mengirim si bundar melalui kolong kiper Emiliano Martinez.

Dan untuk kali pertama pula, stopper Albiceleste tidak bisa menjaga gawangnya tetap bersih sehingga ia tidak bisa memamerkan tariannya yang tengil itu setelah kebobolan dua gol dari Ronald Araujo jelang akhir babak pertama dan Darwin Nunez tiga menit sebelum penutupan pertandingan.

Sekedar mengingatkan, Emiliano Martinez memenangkan Yashin Trophy untuk kiper terbaik dunia pada edisi 2023 yang diberikan pada malam gala Ballon d’Or.

Uruguay Tim Pertama yang Kalahkan Argentina Sejak Desember 2022

Argentina sejak menjadi juara dunia pada final Piala Dunia Desember 2022 sudah melakoni delapan pertandingan. Seluruhnya berakhir dengan kemenangan.

Empat laga kompetitif terjadi sebelum ini, seluruhnya di ajang kualifikasi Amerika Selatan untuk Piala Dunia 2026, usai dengan kemenangan lawan Peru 0-2, Paraguay 1-0, Bolivia 0-3, dan Ekuador 1-0.

Sebelum itu empat laga persahabatan, menang di Indonesia 0-2, mengalahkan Australia dengan skor sama 2-0, menang atas Curacao 7-0 dan mengungguli Panama 2-0.

Jika melihat apa yang dilakukan Bielsa, bisa dipastikan Leeds United menyesal memecatnya. The Whites coba lihat ada di mana mereka sekarang? Divisi Championship, kasta kedua di bawah Premier League.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!