Indonesia Menang Atas Filipina, Lolos ke Putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia dan Piala Asia

Gila Bola – Hasil Timnas Indonesia vs Filipina di matchday 6 putaran kedua Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Selasa (11/6) malam, ditutup dengan skor 2-0.

Indonesia berhasil melaju ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, sekaligus mendapat tiket ke putaran final Piala Asia 2027 berkat kemenangan ini. Di putaran ketiga Indonesia masih harus berjuang ekstra keras karena sudah ada 17 negara Asia lainnya yang menunggu.

Dalam pertandingan ini, Indonesia tunjukkan permainan menekan sejak awal. Tim asuhan Shin Tae-yong berhasil menguasai jalannya laga, bahkan bola lebih banyak berkutat di depan gawang Filipina sejak kickoff. Meski demikian, Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan tampak kesulitan mencetak gol, karena tim lawan yang parkir bis.

Beberapa kali Thom Haye, Calvin Verdonk dan Ragnar Oratmangoen mencoba lancarkan ancamannya dari luar kotak penalti, tetapi gagal. Sampai akhirnya, Thom berhasil membawa Indonesia unggul 1-0 di menit ke-31 lewat tendangan indahnya dari luar kotak penalti.

Skor Indonesia kemudian berhasil digandakan Rizky Ridho di menit 56 sesaat setelah ia menyambut tendangan bebas Nathan Tjoe-A-On dengan sundulan kepalanya.

Indonesia Menekan Sejak Kickoff, Filipina Parkir Bis!

Indonesia berhasil tunjukkan permainan menekan sejak kickoff laga melawan Filipina ini, hingga akhirnya berhasil membongkar parkir bis yang dilakukan lawan.

Ancaman dilakukan Indonesia saat Thom Haye berusaha membangun serangan dan mengirim bola ke arah Ragnar di menit-menit awal pertandingan. Namun bola berhasil dicuri pemain Filipina dan dihalau keluar lapangan.

Lagi-lagi Thom membangun serangan sesaat kemudian. Namun upaya mencetak gol yang kemudian dilakukan Marselino berhasil digagalkan kiper Filipina – yang ikut membawa Persib Bandung menjadi juara Liga 1, Kevin Ray Mendoza.

Tim Filipina baru berhasil mengancam gawang Ernando di menit 22, yang untungnya bola berhasil diamankan kiper Persebaya tersebut.

Hanya semenit kemudian, Thom Haye kembali berusaha membangun serangan. Sayangnya, Asnawi yang berdiri bebas di depan gawang Filipina gagal menjangkau bola. GAGAL!

Kerja Keras Thom Haye Bawa Indonesia Unggul

Calvin Verdonk kembali mengancam gawang Filipina. Namun – setelah sebelumnya tembakan Calvin melambung, kali ini bola berhasil digagalkan Mendoza.

Giliran Justin Hubner yang berusaha menyundul umpan sepak pojok Verdonk di menit ke-30. Sayangnya bola masih melebar!

GOL!! Indonesia akhirnya memecah kebuntuan di menit ke-31 setelah Thom Haye berhasil menyarangkan tendangan indahnya dari luar area penalti. 1-0 Untuk Indonesia!

Percobaan mencetak gol kembali dilakukan Ragnar di menit 38. Sayang sundulan kepalanya masih melambung.

Ragnar mencoba lakukan tembakan jarak jauh di menit 41, tapi upayanya lagi-lagi gagal menggandakan koleksi gol Indonesia.

Sundulan Rizky Ridho Gandakan Skor Indonesia

Ragnar punya dua peluang di awal babak kedua. Sayangnya kedua peluang ini gagal menambah koleksi gol Indonesia.

Sesaat kemudian, giliran Filipina yang berusaha bangkit dan menguasai bola. Namun, tak ada peluang yang benar-benar mengancam gawang Ernando Ari.

GOL!! Rizky Ridho berhasil menyambut tendangan bebas Nathan Tjoe-A-On dengan sundulan kepalanya dan menggandakan skor Indonesia menjadi 2-0 di menit 56.

Marselino Ferdinan harusnya bisa menambah koleksi gol Indonesia di menit ke-63. Namun, upayanya berhasil digagalkan Mendoza.

Ivar Jenner punya peluang emas dari jarak dekat 10 menit kemudian. Sayang ia diganggu pemain lawan, hingga bola melambung di atas gawang lawan.

Jay Idzes juga punya peluang emas saat ia berusaha memanfaatkan sepak pojok Thom Haye, yang sayangnya bola masih mengenai tiang gawang.

Di akhir pertandingan, ketika posisi bola mati di depan gawang iIndonesia, benturan keras sempat terjadi antara Ernando dan Adrian – yang jatuh ke lapangan dengan posisi yang salah, karena bagian wajahnya langsung menghujam ke bumi. Ernando hanya mendapat perawatan sebentar di lapangan, tetapi Adrian sampai harus dilarikan ke rumah sakit dengan ambulans.

Susunan Pemain Timnas Indonesia vs Filipina

  • Timnas Indonesia (3-4-2-1): Ernando Ari; Rizky Ridho, C Verdonk, Justin Hubner; Jay Idzes, Thom Haye, Nathan Tjoe-A-On, Asnawi Mangkualam; Marselino Ferdinan, Ragnar Oratmangoen; Rafaek Struick.
  • Filipina (4-2-3-1): Kevin Ray Mendoza; Scott Woods, Adrian Ugelvik, Santiago Rublico, Jesper Nyholm; Michael Baldisimo, Kevin Ingreso; Dylan Demuynck, Zico Bailey, Alex Monis; Patrick Reichelt.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!