Akhirnya Barcelona Menang Juga, Meski Cuma Satu Gol

Gila Bola – Hampir saja dua pertandingan Barcelona di La Liga berlalu tanpa satu pun gol. Beruntung Pedri bermain cepat dan melakukan sliding untuk mengirim bola melalui kolong kiper Cadiz, sebelum Ferran Torres menambahkan gol kedua pada masa injury time.

Ini mungkin pertanda paling awal bahwa musuh-musuh Blaugrana di Liga Spanyol sudah tahu cara untuk meredam permainan sang juara musim lalu itu. Sampai dengan menit 81 laga di Camp Nou pada Senin dinihari (21/8) itu belum ada tanda-tanda tuan rumah akan berhasil mencetak gol.

Barca boleh dibilang kurang beruntung malam ini. Berkali-kali ada peluang untuk mencetak gol, berkali-kali pula gagal. Salah satunya melalui tendangan bebas Robert Lewandowski dari posisi yang sangat menjanjikan pada awal babak kedua, seperti terlihat dari foto di atas. Hanya membentur dinding manusia.

Performa untuk dua pertandingan pertama musim baru 2023/24 kontras dengan apa yang terjadi satu musim silam, saat skuad Xavi berhasil mencatatkan empat gol dari dua laga pertama.

Bagaimana Cadiz Melakukan Perlawanan

Cadiz merupakan tim urutan 14 klasemen Liga Spanyol musim kemarin, namun coba lihat bagaimana mereka menghadapi sang juara bertahan itu. Bermain rapat. Puas dengan penguasaan bola rendah. Berniat mencuri satu poin.

Sepanjang 90 menit anak asuh pelatih Sergio itu bertahan secara rapat, memainkan tujuh sampai delapan pemain di dalam kotak, yang membentuk formasi sejajar guna menciptakan jebakan offside bagi tim tuan rumah.

Hanya 23 persen penguasaan bola oleh Cadiz, enam upaya gol sepanjang pertandingan, satu serangan tepat sasaran, tapi nihil gol. Tim tamu sebenarnya memiliki beberapa peluang satu-lawan-satu dengan kiper Marc Andre ter Stegen, namun gagal membuahkan gol.

Angka xG Barcelona Besar, Tapi Hanya Satu Gol Saja

Coba tebak berapa angka harapan gol Barca? Angka xG tuan rumah 2,74 yang berarti mereka setidaknya sudah harus unggul tiga gol. Namun pada kenyataannya hanya dua gol saja melalui Pedri dan Ferran Torres. Itu pun terjadi jelang akhir.

Pedri bermain satu dua dengan bekas kapten Manchester City, Ilkay Gundogan. Sang pemain Jerman itu meneruskan bola ke dalam kotak, dengan Pedri lolos dari jebakan offside dan melakukan sliding guna mengirim bola melalui kolong stopper Jeremias Ledesma.

Setelah itu pemain veteran lainnya Robert Lewandowski menjadi penyedia assist untuk gol kedua dari Ferran Torres pada menit keempat injury time. Skor 2-0 bertahan sampai akhir dan akan sangat melegakan sang pelatih, Xavi.

Perbandingan Dengan Awal Musim Liga Spanyol 2022/23

Pada laga pertama musim kemarin, Blaugrana juga gagal mencetak gol untuk laga perdana, ditahan imbang 0-0 oleh Rayo Vallecano, sebuah tim yang kala itu baru dua musim promosi ke La Liga.

Namun pada pertandingan kedua, Gavi dan rekan-rekannya berhasil menang dengan skor besar 1-4 di kandang Real Sociedad.

Empat gol dari dua laga pertama musim lalu, tetapi kini mereka sudah menjalani dua pertandingan dan dua gol memasukkan!

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!