Barcelona Andalkan Joao Felix Gantikan Lewandowski yang Bisa Absen Satu Bulan

Gila BolaBarcelona baru saja mendapat pukulan keras saat Robert Lewandowski ditarik keluar di matchday kedua fase grup Liga Champions di kandang Porto, Kamis (5/10). Xavi pun bidik salah satu pemainnya sebagai pengganti bintang Polandia tersebut.

Robert Lewandowski kemudian dikonfirmasi telah alami cedera pergelangan kaki dan diperkirakan akan absen selama hampir satu bulan.

Tentu saja, ini menjadi pukulan berat bagi Barcelona, mengingat mereka masih memiliki beberapa pertandingan penting dalam sebulan ke depan, termasuk laga El Clasico melawan Real Madrid pada 28 Oktober.

Dengan absennya Lewandowski dan tak ada penyerang nomor sembilan alami lainnya di skuad Blaugrana, maka Ferran Torres dinilai sebagai pemain yang paling cocok untuk gantikan penyerang 35 tahun itu di beberapa laga mendatang.

Namun, ternyata, Joao Felix menjadi pilihan mengejutkan. Diungkapkan Sport, Xavi bahkan bisa memilih pemain pinjaman ini sebagai solusi mengejutkan di posisi penyerang tengah.

Tampil Gemilang Sejak Datang di Barcelona

Pemain muda berusia 23 tahun ini telah memulai karirnya sebagai pemain Barça dengan gemilang, bahkan sejak ia gabung dari Atletico Madrid di hari terakhir bursa transfer, dengan status pinjaman selama satu musim.

Sejauh ini, Felix lebih sering dimainkan di sisi kiri, di mana pemain internasional Portugal tersebut sudah bukukan tiga gol dan dua assist dalam tujuh pertandingan.

Xavi sebelumnya juga sudah bicarakan permainan serbaguna Felix dan, walaupun dia bukan solusi yang tajam seperti halnya Lewandowski, Felix juga tunjukkan permainan berkualitas kepada Barca, terutama saat ia bermain di posisi tengah, dan bisa mencetak gol.

Di sepanjang karirnya, Joao Felix sudah bermain sebagai penyerang tengah murni dalam 40 pertandingan, di mana ia sukses mencetak 13 gol dan delapan assist.

Torres pun Layak Gantikan Robert Lewandowski

Saat ini, diungkapkan Barca Universal, Ferran Torres telah catatkan namanya sebagai pencetak gol terbanyak kedua untuk Barcelona musim ini. Cukup adil rasanya, jika dia-lah yang gantikan Lewandowski di pertandingan melawan Granada awal pekan depan.

Sementara dengan absennya Raphinha yang juga cedera, Xavi tak punya banyak pilihan kecuali tetap mainkan Joao Felix di sisi kiri dan Lamine Yamal di sisi kanan.

Namun, setelah pemain Brasil tersebut pulih, bisa saja ada ruang untuk lakukan rotasi atau Xavi bisa putuskan untuk kembali gunakan taktik empat gelandang. Dengan skenario laga seperti itu, maka Felix akan menjadi pilihan untuk bermain di lini tengah.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!