Barcelona Nir Gelar, Robert Lewandowski pun Berpeluang Lepas Gelar El Pichichi Musim Ini

Gila Bola – Bintang Barcelona, Robert Lewandowski, tampaknya akan melepas gelar El Pichichi – pencetak gol terbanyak La Liga, pada musim ini.

Pemain internasional Polandia itu sebenarnya hanya butuh tiga gol lagi untuk merebut posisi teratas daftar pencetak gol tersubur di kompetisi sepak bola teratas Spanyol tersebut.

Namun, ia malah ditarik keluar di laga melawan Sociedad, hingga urung menambah koleksi golnya dalam pertandingan yang dimenangkan Barca, 2-0, itu.

Barcelona mendapati posisi mereka yang jauh dari kesempatan untuk amankan gelar juara di musim ini. Lalu, striker gaek mereka, Lewandowski, tampaknya juga akan gagal menghibur klub dengan meraih penghargaan individu.

Lewandowski saat ini tercatat mencetak 17 gol dalam 32 pertandingan La Liga, dan mantan mesin gol Bayern Munchen tersebut saat ini berada di urutan ke empat daftar pencetak gol terbanyak La Liga.

Dengan jadwal yang hanya menyisakan tiga pertandingan lagi, Lewandowski hadapi kesulitan untuk mencetak lebih banyak gol dan merebut posisi teratas daftar tersebut.

Indikasi Robert Lewandowski akan Lepas Gelar El Pichichi-nya Musim Ini

Meski demikian, Lewandowski tentunya masih bermimpi amankan trofi El Pichichi musim ini. Kenyataannya – peraih penghargaan El Pichichi musim lalu dengan 23 golnya, itu tertinggal dari pemain Girona, Artem Dovbyk, yang sudah kantongi 20 gol.

Diungkapkan Barca Universal, koleksi gol penyerang berusia 35 tahun itu juga berada di bawah raih gol pemain Villarreal, Alexander Sorloth, yang mengoleksi 19 gol dan bintang Real Madrid, Jude Bellingham, yang bukukan 18 gol.

Demi mempertahankan gelarnya, Lewandowski – yang mencetak gol terbaru di laga melawan Girona saat Barca kalah 2-4, itu harus memastikan bahwa ia akan selalu bermain di tiga laga terakhir dan mencetak gol.

Mengingat penampilan gemilang Dovbyk dan konsistensi yang ditunjukkan Bellingham di lapangan, kegagalan Lewandowski dalam mencetak gol di tiga laga terakhir tentunya akan sangat berdampak pada upayanya tersebut.

Kehilangan Kesempatan di Laga Barcelona vs Real Sociedad

Lewandowski tentu saja sangat kecewa tak berhasil mengukir namanya di papan skor laga melawan Sociedad. Ia cedera dan ditarik keluar di menit 76, di mana Xavi kemudian terjunkan Feran Torres sebagai gantinya.

Jika mantan bintang Borussia Dortmund itu tetap berada di lapangan, dia mungkin bisa mencetak gol dari titik putih, yang di laga ini kemudian diambil Raphinha yang sukses mencetak gol kedua Barca di menit 90+3. Sebelumnya, Barca unggul lewat gol Lamine Yamal tepat di menit ke-40.

Rupanya, Lewandowski tak senang dirinya ditarik keluar dan digantikan pemain lain. Xavi pun jelaskan keputusannya untuk mengganti Lewandowski di laga tersebut.

“Digantinya Lewandowski semata-mata karena masalah taktik, yakni agar tim bisa kembali lakukan tekanan tinggi, dan karena ada tiga pertandingan di pekan ini,” tegas Xavi seperti dilansir Mundo Deportivo.

“Kami butuh lebih banyak kekuatan. Kami butuh lebih banyak kaki-kaki yang segar. Kami sudah lakukan upaya besar dan Robert juga sudah lakukan pekerjaannya dengan sangat baik,” tambahnya.

“Saya paham kemarahan Lewandowski, saya juga tidak suka diganti, tapi sebagai pelatih saya harus pikirkan tim,” tegas Xavi.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!