Klub-klub La Liga Paling Tidak Sabaran Musim 2023/24 Ini, Dikit-dikit Pecat!

Gila Bola – Dari lima liga elit di Eropa, La Liga saat ini adalah yang paling tidak sabaran. Dikit-dikit pecat! Figur terakhir yang diberhentikan di kompetisi ini adalah Jose Luis Mendilibar, hanya 130 hari setelah ia mempersembahkan trofi Liga Europa.

Mendilibar dengan demikian menjadi manajer ketiga yang dipecat di Liga Spanyol setelah Quique Setien di Villarreal yang diberhentikan pada 5 September lalu dan Vicente Moreno pada 29 September.

Pemecatan sang pengarah gaya di Sevilla itu terasa mengejutkan jika melihat bahwa kurang dari lima bulan silam, tepatnya pada 1 Juni 2023, ia memberi trofi Liga Europa ketujuh kalinya bagi klub Spanyol tersebut.

Namun Rojiblancos tampil buruk pada awal musim ini dengan empat kekalahan, dua hasil imbang dan dua kemenangan dalam delapan laga. Nilai 8. Posisi klasemen 14!

Bundesliga Termasuk Paling Sabar

Liga Jerman termasuk yang paling sabar untuk adagium “percaya pada proses”. Sampai sejauh ini belum satu pun pelatih di negara itu yang diberhentikan oleh klubnya.

Padahal musim 2022/23 lalu, matahari membara di atas Bundesliga dan memakan korban 12 manajer diberhentikan. Termasuk di antaranya Domenico Tedesco dan pelatih Bayern Munchen Julian Nagelsmann. Hal yang sama tidak terjadi kali ini. Atau belum.

Korban pertama justru pelatih tim nasional Hansi Flick yang dipecat setelah kekalahan memalukan dalam sebuah laga persahabatan kontra timnas Jepang, saat jeda internasional September 2023. Skor kekalahan 1-4 dan terjadi di kandang sendiri!

Satu musim sebelumnya 2021/22 hanya lima pelatih yang diberhentikan di Liga Jerman, termasuk Mark Van Bommel dan Jesse Marsch.

Bagaimana Nasib Pelatih di Liga Inggris? Baru Satu Dipecat

Julen Lopetegui, bekas pelatih timnas Spanyol dan Real Madrid, adalah yang pertama dipecat di Premier League. Itu terjadi bahkan saat musim baru belum lagi dimulai!

Gary O’Neil masuk sebagai pengarah strategi baru di Wolves dengan sang manajer akan tertawa melihat bekas timnya, Bournemouth, terdampar di urutan kedua dari bawah setelah delapan pekan pertama. Sementara Wolves kini menempati posisi lumayan, urutan 14 dengan nilai 8.

Liga Italia juga baru mencicipi satu pemecatan sejauh ini. Paolo Zanetti diberhentikan oleh Empoli hanya selang sebulan setelah liga dimulai untuk awal musim buruk mereka.

Di Liga Perancis, ada dua manajer yang sudah diberhentikan dalam waktu berdekatan. Laurent Blanc oleh Lyon pada 11 September dan Marcelino oleh Marseille selang 9 hari kemudian.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!