Arsenal Tanpa Pemain Andalan, Mikel Arteta Siapkan Taktik Khusus Untuk Newcastle

Gila Bola – Arsenal masih kokoh tanpa kekalahan di Premier League musim ini, namun tantangan serius datang akhir pekan ini saat bertandang ke markas Newcastle United!

Usai kekalahan menyakitkan di ajang Piala Liga Inggris, The Gunners kini akan kemnali mengejar poin penuh di markas Newcastle United asuhan Eddie Howe pada hari Minggu 5 November 2023 dinihari.

Pertarungan ini bukan sekadar laga biasa. Semua mata tertuju pada Mikel Arteta, yang harus meracik strategi ajaibnya untuk menghadapi pasukan Howe di St James Park.

Bisakah mereka menjinakkan keganasan Callum Wilson yang tampil luar biasa musim ini? Wilson kini menjadi sosok menakutkan di depan gawang lawan, dan The Gunners harus menemukan kunci untuk menahannya.

Arsenal kini harus mempertahankan rekor tak terkalahkan mereka di Premier League dan itu bukanlah tugas yang mudah jika lawannya adalah Newcastle United. Mari kita lihat persiapan kedua tim jelang laga Big Match akhir pekan ini.

Pemain Cedera Bisa Jadi Masalah

Meskipun Arsenal menganggap pertandingan di markas Newcastle sebagai salah satu ujian terberat dalam perburuan gelar juara mereka, namun skuad Eddie Howe mulai mengalami tekanan ketika The Magpies mencoba bersaing di beberapa kompetisi.

Moral Newcastle tentu sedang tinggi-tingginya setelah mampu mengalahkan Manchester United di Piala Liga.

Secara keseluruhan, performa Newcastle masih cukup baik, mereka masuk Matchday ke-11 ini di peringkat keenam dalam klasemen Premier League dan belum terkalahkan dalam enam pertandingan liga terakhir dengan empat kemenangan, dan dua hasil imbang.

Namun, daftar cedera yang semakin panjang bisa menjadi masalah bagi Eddie Howe.

Pemain Newcastle tampak kelelahan selama pertandingan seru pekan lalu melawan Wolves, dua kali mereka kebobolan melalui gol Mario Lemina dan Hwang Hee-chan.

Alexander Isak, Sven Botman, Elliot Anderson, Jacob Murphy, dan Harvey Barnes semuanya absen saat laga di Molineux tersebut dan juga absen saat melawan Manchester United, semuanya kemungkinan tidak akan tersedia saat melawan Arsenal, sementara itu Sandro Tonali juga telah memulai larangan bermain selama 10 bulan karena melanggar peraturan perjudian Italia.

Ada yang sempat mengira bahwa keikutsertaan Newcastle di Liga Champions UEFA akan mempengaruhi performa mereka, namun The Magpies justru terus memberikan performa yang mengesankan dalam setiap serangan mereka.

Selain menjadi pencetak gol terbanyak dalam Premier League dengan 26 gol musim ini bersama Aston Villa, Skuad Eddie Howe memiliki tingkat konversi peluang terbaik sebesar 18.6% dan total expected goals atau xG tertinggi kedua sebesar 22.1%.

Callum Wilson Jadi Andalan Newcastle

Performa Callum Wilson yang mencetak dua gol melawan Wolves, menjadi salah satu kekuatan besar Newcastle, mantan pemain Bournemouth tersebut Callum Wilson mencetak gol setiap 60 menit di Premier League musim ini dengan total tujuh gol dalam 420 menit. Itu merupakan yang terbaik dari semua pemain yang telah bermain setidaknya 90 menit.

Namun, setelah mencetak gol dalam tiga pertandingan liga pertamanya melawan Arsenal, Wilson gagal mencetak gol dalam sembilan pertandingan terakhir melawan The Gunners.

Wilson selalu bisa diandalkan, dan Bek kanan Newcastle, Kieran Trippier, juga berhasil menciptakan 31 peluang di Premier League musim ini – itu jumlah yang hanya disamai oleh bintang Tottenham, James Maddison.

Hanya pemain sayap Wolves, Pedro Neto dengan tujuh assist, yang melampaui jumlah assist Trippier sebanyak enam assist.

Eddie Howe bahkan mulai menurunkan pemain sayap Everton, Anthony Gordon, agar bersaing untuk peran pemain nomor sembilan pekan lalu, dan hanya delapan pemain telah mencatatkan lebih banyak peluang menciptakan peluang daripada 12 peluang milik Gordon musim ini.

Dua dari semua peluang Anthony Gordon itu berakhir dengan gol, jumlah yang hanya disamai oleh Raheem Sterling dari Chelsea dan Kaoru Mitoma dari Brighton and Hove Albion.

Arsenal Kuat di Lini Depan dan Belakang

Lini depan Newcastle akan menghadapi tugas sulit saat melawan pertahanan Arsenal yang hanya kebobolan delapan gol di Premier League musim ini – lebih sedikit daripada semua tim kecuali Manchester City dengan tujuh gol kebobolan.

The Gunners telah mencatatkan 30 clean sheet melawan Newcastle di Premier League, jumlah yang tertinggi dari satu tim melawan tim lain dalam sejarah kompetisi ini.

Pertahanan Arsenal berhasil menjaga gawang mereka perawan dalam pertandingan liga terbaru, dan lini depan mereka tetap tajam seperti yang mereka tunjukkan saat mebantai Sheffield United dengan skor 5-0.

Di laga itu, Eddie Nketiah menjadi pemain ke-22 Arsenal yang mencetak hattrick dalam Premier League untuk Arsenal, itu jumlah terbanyak dari klub mana pun dalam sejarah kompetisi.

Dengan absennya Gabriel Jesus, Nketiah bisa mencatatkan penampilan ke-100 di Premier League pada laga melawan Newcastle. Itu akan membuatnya menjadi pemain ke-66 yang mencapai tonggak itu untuk Arsenal, dan striker tersebut berharap menjadi pemain The Gunners pertama yang mencetak gol dalam penampilan ke-100nya di Premier League.

Cara Mikel Arteta Atasi Pemain Arsenal Yang Absen

Yang perlu menjadi perhatian Mikel Arteta adalah masalah pemilihan pemain yang akan menggantikan mereka yang absen panjang seperti Jurriën Timber, gelandang Thomas Partey, yang akan absen beberapa minggu akibat masalah otot, dan Emile Smith-Rowe.

Absennya Partey memastikan Declan Rice turun sebagai pemain pengganti melawan mantan West Ham pertengahan pekan, meskipun ia tidak bisa berbuat banyak saat Arsenal dibantai oleh skuad David Moyes di Piala Liga.

Dalam pertarungan yang tampaknya akan berlangsung sengit melawan Newcastle, bola mati mungkin akan menjadi kunci bagi Arteta. Arsenal telah mencetak enam gol dari bola mati musim ini dan itu tidak termasuk penalti.

Winger Bukayo Saka memiliki dua assist Premier League dari situasi bola mati pada 2023-24, jumlah yang hanya disamai oleh James Ward-Prowse, Trippier, Maddison, dan Neto.

Head-to-Head Newcastle vs Arsenal

  • Arsenal telah mendominasi Newcastle dalam beberapa pertandingan terakhir di Premier League, memenangkan delapan dari sepuluh pertemuan terakhir melawan Magpies dalam kompetisi ini dan sisanya satu imbang dan satu kekalahan.
  • Newcastle gagal mencetak gol dalam delapan pertandingan tersebut, termasuk dua pertemuan Premier League kedua tim musim lalu.
  • Mereka bermain imbang 0-0 di Emirates Stadium pada bulan Januari 2023 sebelum Arsenal menang 2-0 dalam kunjungan terakhir mereka ke St James’ Park pada bulan Mei lalu.
  • Itu adalah kemenangan Arsenal ke-13 di St. James’ Park dalam sejarah Premier League, dan kemenangan yang kedelapan dalam sepuluh kunjungan terakhir mereka.
  • Secara keseluruhan, hanya Manchester United dengan 14 kemenangan yang memiliki catatan kemenangan terbanyak di St James Park.
  • Arsenal belum terkalahkan dalam 10 pertandingan Premier League mereka musim ini, dengan 7 kemenangan dan tiga hasil imbang sejak terakhir kali kalah 1-0 dari Nottingham Forest pada Mei 2023.
  • Sementara itu, Newcastle telah mencetak setidaknya dua gol dalam lima pertandingan terakhir Premier League mereka.
  • Magpies tampil kuat di kandang musim ini, dengan enam kemenangan dari delapan pertandingan di St. James’ di semua kompetisi, hanya Liverpool dan Borussia Dortmund yang mampu menang di sana.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita sepak bola! Untuk bergabung klik di sini gibolers!