Hasil Liga 1 – Borneo FC vs PSIS Semarang, Pesut Etam Menjauh Delapan Poin di Posisi Teratas

Gila Bola – Hasil Borneo FC vs PSIS Semarang di pekan ke-22 Liga 1 Indonesia musim 2023/24 yang berlangsung di Stadion Segiri, Samarinda, Sabtu (9/12) malam, berakhir dengan skor 2-0.

Kemenangan malam ini sukses membuat Borneo FC menjauh hingga delapan poin di puncak klasemen. Bisa dibayangkan, akan sulit bagi rival terdekatnya di peringkat kedua untuk menyusul, apalagi menggeser tim Pesut Etam dari posisi teratas.

Dua gol Borneo FC dalam laga ini dibukukan Adam Alis di menit 43 dan Wiljan Pluim di menit 84. Tim asuhan Pieter Huistra itu juga tampil dominan dalam pertandingan sengit ini, meskipun PSIS juga berusaha tampil menekan.

Pertemuan dua tim papan atas ini berlangsung sengit dan diwarnai jual-beli serangan yang dilakukan para pemain kedua tim, meskipun harus diakui tim tuan rumah Borneo FC tampil lebih menggigit dibandingkan lawannya, yang kerap mati kutu karena solidnya lini pertahanan tim Pesut Etam dikomandoi Leo Lelis.

Berkat kemenangan ini, Borneo FC makin berjaya di puncak klasemen sementara dengan koleksi poin 48. Sedangkan PSIS Semarang, tertahan di urutan ke empat dengan kantongi 37 poin.

PSIS Semarang Berusaha Menekan di Awal Laga, Borneo FC Ambil Alih Kendali Permainan

Kedua tim berusaha tampil menekan sejak awal laga, tapi Carlos Fortes tampil mengejutkan tuan rumah di menit-menit awal.

Saat laga bahkan belum genap berjalan dua menit, Fortes langsung menekan gawang Borneo FC sesaat setelah ia menyambar umpan Vitinho dari jarak dekat. Beruntung bola berhasil dibendung Nadeo, bahkan bola rebound yang berusaha kembali dimanfaatkan Fortes pun tetap berhasil digagalkan kiper Timnas Indonesia itu.

Tiga menit kemudian, giliran Adam Alis yang berusaha mengancam gawang tim tamu. Tuan rumah langsung berusaha mengambil alih kendali permainan dan beberapa kali berusaha mengancam gawang tim tamu, meskipun berbagai upaya gagal membuahkan hasil.

AYO JOIN CHANNEL WHATSAPP GILABOLA.COM UNTUK MENDAPATKAN UPDATE TERBARU SEPUTAR SEPAK BOLA! KLIK DI SINI GIBOLERS!

Stefano Lilipaly ikut mengancam gawang PSIS di menit ke-12, sayang tendangan on target-nya dari jarak dekat berhasil diamankan Adi Satryo.

Setelah itu beberapa kali tuan rumah berhasil mengancam gawang PSIS, termasuk lewat tembakan Sihran, dan kembali, Stefano Lilipaly, tapi seluruhnya berhasil digagalkan Adi Satryo.

PSIS Semarang Dapat Peluang, Borneo FC Malah Berhasil Unggul

Giliran PSIS yang mendapat peluang mencetak gol di menit ke-21 lewat aksi Vitinho. Namun, lagi-lagi, tembakannya gagal mengarah ke gawang Borneo.

Delapan menit kemudian Wiljan Pluim berusaha membantu lini dengan sodorkan umpan silang ke arah gawang PSIS. Namun bola kembali berhasil digagalkan Adi Satryo, tepat ketika Cadenazzi siap menyambar bola. GAGAL!

PSIS sebenarnya punya peluang untuk unggul di menit 35, saat mereka mendapatkan peluang dari posisi set piece, tetapi tendangan Fortes melambung di atas gawang Nadeo.

GOL!! Borneo FC akhirnya memimpin di akhir babak pertama, tepatnya di menit 43, lewat tembakan Adam Alis dari pinggir kotak penalti, tanpa ada satupun pemain PSIS yang berusaha menghalanginya. 1-0 Untuk Borneo FC!

PSIS Semarang Balik Menekan, Gawangnya Malah Kebobolan Lagi

Saat babak kedua baru berjalan tiga menit Felipe Cadenazzi nyaris menggandakan skor Borneo FC lewat tendangannya, tapi bola lagi-lagi berhasil digagalkan Adi Satryo yang lakukan penyelamatan gemilang untuk ke sekian kalinya.

Adi Satryo kembali lakukan penyelamatan gemilang di menit ke-57, bahkan terhadap dua ancaman tim tuan rumahyang dilancarkan Adam Alis dan Felipe Cadenazzi, tuan rumah kembali gigit jari berkat kesigapan kiper lawan.

Fredyan Wahyu punya peluang terbaik untuk PSIS di menit 62, tetapi di posisi satu lawan satu dengan Nadeo, dia masih  belum berhasil membawa PSIS samakan kedudukan.

Paulo Gali berusaha membangun serangan di menit ke-81, dan umpannya berusaha dimanfaatkan Septian David Maulana dengan sundulannya. Sayang kerja keras pemain yang baru dimasukkan di babak kedua itu hanya melambung di atas mistar gawang Nadeo. PSIS pun gagal menyamakan kedudukan!

Alih-alih samakan kedudukan gawang PSIS malah kembali kebobolan. Fajar Fathur Rahman yang maju ke depan sukses sodorkan umpan silang kepada Wiljan Pluim, hingga dengan mudah mantan kapten PSM itu menggandakan skor Borneo FC di menit 84. GOL!!

Kerja sama yang apik di lini belakang Borneo FC berhasil menggagalkan satu peluang emas PSIS di menit-menit akhir laga. Leo Lelis sukses ‘gantikan’ tugas Nadeo saat gawang Borneo FC agak sedikit lengang, dan pemain PSIS Ryan Ardiansyah lakukan serangan. Bola sukses dihalau Leo Lelis menjauh dari mulut gawang Borneo FC!

Susunan Pemain Borneo FC vs PSIS Semarang

  • Borneo FC (4-2-3-1): Nadeo Argawinata; Fajar Fathur Rahman, Silverio Silva, Leo Lelis, Leo Guntara; Adam Alis, Kei Hirose; Muhammad Sihran, Wiljan Pluim, Stefano Lilipaly; Felipe Cadenazzi.
  • PSIS Semarang (4-2-3-1): Adi Satryo; Giovanni Numberi, Bayu Fiqri, Syiha Buddin, Fredyan Wahyu; Evan Dimas, Boubakary Diarra; Vitinho, Taisei Marukawa, Paulo Gali; Carlos Fortes.