Liverpool Butuh Kartu Merah dan Gol Pemain Pengganti Untuk Menang di The Eagles

Gila Bola – Kemenangan Liverpool di kandang Crystal Palace pada Sabtu malam (9/12) ditentukan oleh pemain pengganti Harvey Elliott yang mencetak gol mepet akhir, menit 90!

The Reds tampil mengkhawatirkan di Selhurst Park setelah gagal mencatatkan satu kali pun serangan on target ke gawang Sam Johnstone selama 75 menit, sebelum Mohamed Salah mencetak gol guna menyamakan kedudukan.

Elliott yang turun menggantikan Darwin Nunez pada menit 74 itu kemudian berhasil memberi tiga poin bagi skuad Jurgen Klopp setelah meliuk-liuk dari sejak luar kotak penalti, memanfaatkan perhatian pemain lawan yang terarah ke Mohamed Salah, guna melepaskan serangan yang menjadi gol.

Liverpool Tidak Berdaya Sejak Menit Pertama

Tanda-tanda bahaya skuad Jurgen Klopp itu sudah terlihat sejak babak pertama ketika the Reds yang tampil dominan dan menguasai bola sampai mendekati 77 persen, hanya bisa melepaskan enam kali percobaan gol. Tapi tidak satu pun mencapai sasaran. Lima dihadang lawan dan satu kali melebar.

Memasuki babak kedua pertandingan pada Sabtu malam (9/12), semakin banyak percobaan gol dilepaskan tim tamu, tujuh kali sampai 15 menit jelang akhir, tapi situasinya juga sama. Tak satu pun membuat berkeringat kiper Sam Johnstone.

Sampai datanglah situasi ketika bola dikirimkan dari sisi kanan kotak, dikendalikan oleh Trent Alexander-Arnold, sebelum bola diserahkan ke pemain Mesir itu, yang kemudian menembak di sela-sela pemain tuan rumah.

Antara menit 75 sampai akhir ada tiga serangan tambahan dilepaskan oleh tim tamu, dengan dua tepat sasaran dan keduanya bisa diubah menjadi gol. Satu melalui Mo Salah dan kedua melalui Harvey Elliott.

Pelatih tuan rumah Roy Hodgson menerapkan apa yang dulu membuatnya sukses, memasang empat bek, selain tiga atau empat gelandang menutup ruang serta menyesaki kotak penalti, serta hanya mengandalkan serangan balik.

AYO JOIN CHANNEL WHATSAPP GILABOLA.COM UNTUK MENDAPATKAN UPDATE TERBARU SEPUTAR SEPAK BOLA! KLIK DI SINI GIBOLERS!

Satu-satunya gol Palace datang dari titik penalti, setelah pelanggaran terhadap Jean-Philippe Mateta pad amenit 56. Si pemain pengganti itu mengambil sendiri tendangan penalti dan membawa the Eagles unggul lebih dulu.

Liverpool Kini Kuasai Puncak Premier League

Dengan kemenangan ini Liverpool berhasil merebut puncak klasemen Premier League, setidaknya untuk sementara sampai Arsenal berlaga di Aston Villa beberapa jam lagi pada Minggu dinihari (10/12).

The Reds kini memiliki 37 poin sebagai hasil dari 11 kemenangan, empat hasil imbang dan satu kekalahan. Selisih gol +21 dari 36 gol memasukkan dan 15 kebobolan.

Arsenal yang akan tandang ke Aston Villa memiliki 36 poin sejauh ini, selisih gol +19, dari 11 kemenangan dan hanya tiga draw, satu kekalahan.

Skuad Roy Hodgson sementara itu tertahan di urutan 14 dengan nilai hanya 16, dari yang seharusnya mereka bisa menduduki posisi 12 jika mencatatkan kemenangan atas Liverpool.