Hasil Liga 1 – Persebaya Surabaya vs Persija Jakarta, Kedua Tim Perpanjang Rekor Tak Pernah Menang

Gila Bola – Hasil Persebaya Surabaya vs Persija Jakarta di pekan ke-22 Liga 1 Indonesia musim 2023/24 yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo, Sabtu (9/12), berakhir dengan skor 1-1.

Persebaya gagal akhiri rekor tak pernah menang di tujuh laga terakhir setelah kedua tim imbang di laga klasik ini. Hal yang tak jauh berbeda juga dialami Persija Jakarta, karena hasil imbang hari ini membuat mereka belum berhasil sudahi catatan tak pernah menang di tiga laga terakhir – bahkan menjadi hasil imbang yang ke-11 bagi tim Macan Kemayoran.

Laga klasik ini sebenarnya berlangsung sengit dan ketat sejak kickoff. Apalagi tim tuan rumah sangat bernafsu amankan kemenangan di kandang mereka yang dipenuhi suporter setia. Namun, Robson Duarte dan kawan-kawan kesulitan membongkar lini belakang Persija yang tampak sangat mewaspadai pergerakan para pemain tuan rumah.

Keasyikan menyerang, gawang Persebaya malah kebobolan lebih dulu, bahkan sangat pertandingan baru berjalan tujuh menit. Maciej Gajos berhasil menyarangkan bola liar di area penalti lawan dengan kaki kirinya.

Namun, alih-alih berhasil mempertahankan keunggulan di kandang lawan, gawang Persija malah kebobolan di menit ke-25 lewat tendangan jarak jauh Bruno Moreira. Skor 1-1 yang terjadi di babak pertama inipun bertahan hingga laga usai.

Berkat hasil imbang ini, di posisi ke-9 Persija Jakarta menambah poin mereka menjadi 29 poin. Sedangkan Persebaya, ada di urutan ke-13, dengan koleksi poin 24.

Gawang Terancam, Persija Cetak Gol Cepat

Permainan berlangsung dengan tempo yang lambat, dan kedua tim tampaknya lakoni laga ini dengan sangat hati-hati.

Namun harus diakui, Persebaya cukup mendominasi jalannya laga sore ini. Hanya saja, gawangnya kebobolan lebih dulu saat Maciej Gajos berhasil memanfaatkan bola liar – yang semula disontek Hanif, di sisi area penalti tuan rumah, dan menyarangkan tendangan kaki kirinya ke gawang Ernando Ari. GOL!! Persija memimpin lebih dulu saat laga baru berjalan tujuh menit!

Persebaya nyaris samakan kedudukan tepat di menit ke-10 saat Robson Duarte berusaha memanfaatkan umpan di depan area penalti Persija. Sayang tendangan kerasnya masih melebar!

Bruno Gagalkan Keunggulan Persija Jakarta

Tuan rumah berjuang ekstra keras untuk sama kedudukan. Sampai akhirnya, Andritany tak mampu menahan tendangan jarak jauh Bruno Moreira yang sukses memanfaatkan umpan silang Robson dan samakan kedudukan 1-1 di menit 25. GOL!!

Di babak kedua, Persebaya langsung tancap gas dan lancarkan serangan demi serangan ke gawang Andritany. Kedua tim berusaha tampil lebih terbuka dan lakukan beberapa kali serangan ke gawang lawan. Namun, hingga laga berlangsung lebih dari 65 menit, tak ada gol tambahan yang tercipta bagi kedua tim.

Persebaya – Persija Saling Jual-Beli Serangan

Persebaya memiliki peluang emas di menit ke-66 dari posisi set-piece, sayangnya peluang tendangan bebas yang dilakukan Yan Victor mengenai tubuh Riko Simanjuntak yang selonjoran di bagian belakang pagar pemain Persija. Bahkan bola muntah yang harusnya bisa kembali dimanfaatkan Victor masih melebar dari gawang Andritany. GAGAL!

Namun, serangan demi serangan terus dilakukan tim tuan rumah yang ngotot amankan kemenangan di hadapan suporter mereka. Sayangnya hingga 10 menit kemudian, Bruno dan kawan-kawan masih gagal amankan gol penentu kemenangan.

Gawang Ernando malah terancam tepat di menit 75, saat Aji Kusuma lancarkan tendangan kerasnya ke arah gawang Persebaya. Sayangnya, upaya inipun gagal karena gawang hanya melambung di atas gawang Ernando Ari.

Pelatih Persija, Thomas Doll, yang turunkan Riko Simanjuntak dan Marko Simic di akhir laga, tampaknya juga tak bisa bersorak kegirangan karena beberapa kali upaya mereka untuk membangun serangan dan mencetak gol pembeda tak membuahkan hasil.

Susunan Pemain Persebaya Surabaya vs Persija Jakarta

  • Persebaya Surabaya (4-2-3-1): Ernando Ari; Arief Catur, Kadek Raditya, Yan Victor, Reva Adi Utama; Song Ui-young, Muhammad Hidayat; Kasim Botan, Robson Duarte, Bruno Moreira; Paulo Henrique.
  • Persija Jakarta (3-4-2-1): Andritany Ardhiyasa; Rizky Ridho, Hansamu Yama, Muhammad Ferrari; Firza Andika, Resky Fandi, Hanif Sjahbandi, Oliver Bias; Rayhan Hannan, Maciej Gajos; Ryo Matsumura.
advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!