Hasil Persebaya Surabaya vs Dewa United 0-3, Gawang Bajul Ijo Dibobol Dua Mantan Pemain

Gila Bola – Hasil Persebaya Surabaya vs Dewa United di pekan ke-31 Liga 1 Indonesia yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo, Selasa (16/4), berakhir dengan skor 0-3.

Persebaya benar-benar dipermalukan Dewa United di hadapan suporternya sendiri. Apalagi dua dari tiga gol tim Tangsel Warriors dibukukan oleh dua mantan pemainnya, Ricky Kambuaya dan Ahmad Nufiandani.

Di samping itu, Persebaya juga kehilangan Ripal Wahyudi yang dikartu merah di akhir pertandingan akibat lakukan pelanggaran terhadap Egy Maulana Vikri.

Tanpa diwarnai selebrasi, Ricky Kambuaya, menjebol gawang Persebaya tepat di menit ke-40. Berikutnya, Ahmad Nufiandani juga menambah penderitaan bekas klubnya tersebut lewat gol yang dibukukannya di menit ke-69.

Lalu, Dewa United menambah koleksi golnya di menit ke-72, lewat aksi Alex Martins, dan ada andil besar Ricky Kambuaya dalam terciptanya gol ketiga skuad Tangsel Warriors ini.

Berkat kemenangan ini, Dewa United naik dua peringkat ke urutan lima dan mengoleksi 47 poin Рpoin sama yang dikantongi Madura United yang turun ke posisi enam dan PSIS Semarang di peringkat empat. Sedangkan tim Bajul Ijo, tetap berada di posisi ke-10 dengan membukukan 39 poin.

Menekan di Awal Laga, Persebaya Malah Tertinggal di Babak Pertama 

Kedua tim sama-sama berusaha tampil menyerang sejak kickoff. Namun Persebaya berhasil mendapat peluang emas lebih dulu saat pertandingan baru berlangsung dua menit. Sayang peluang ini berhasil diamankan Sonny Stevens.

Empat menit kemudian, Persebaya kembali mendapat peluang yang harusnya bisa membawa mereka memimpin lebih dulu. Namun, lagi-lagi, tembakan Bruno yang mengarah ke gawang lawan berhasil diamankan kiper Dewa United asal Belanda tersebut.

Situasi berbalik enam menit kemudian, giliran Dewa United yang berhasil mengancam gawang Persebaya. Ricky Kambuaya nyaris menjebol gawang bekas klubnya di menit ke-12, beruntung bola masih melebar.

Alih-alih unggul atas tim tamu, gawang Persebaya malah kebobolan tepat di menit ke-40. Ricky Kambuaya akhirnya berhasil menyarangkan umpan Egy Maulana Vikri ke gawang Andhika Ramadhani dan membawa skuad Tangsel Warriors unggul atas tuan rumah, 1-0. GOL! Tak ada selebrasi yang dilakukan gelandang berusia 27 tahun tersebut.

Di babak pertama ini, penguasaan bola Dewa United memang cukup fantastis, jauh lebih unggul dari tuan rumah. Tim asuhan Jan Olde Riekerink itu berhasil menguasai jalannya laga hingga 71 persen berbanding 29 persen yang dibukukan Persebaya.

Dewa United Cetak Dua Gol Lagi di Babak Kedua

Persebaya berusaha bangkit di babak kedua. Tim asuhan Paul Munster itu berusaha membalikkan situasi dengan menguasai jalannya laga.

Dimotori Robson Duarte, skuad Bajol Ijo berusaha mencetak gol balasan ke gawang tamu mereka. Sayangnya hingga menit ke-60, tak satupun peluang yang membuahkan hasil.

Bukannya berhasil mencetak gol balasan, gawang Persebaya kembali kebobolan di menit 69, lagi-lagi lewat gol mantan pemainnya, Ahmad Nufiandani, yang berdiri bebas dan tak terkawal di depan gawang Andhika.

Nufiandani langsung menyambar bola liar yang disodorkan Majed Osman dan menyarangkannya ke gawang mantan klubnya dengan tenang. GOL! 2-0 Untuk Dewa United.

Gol kedua Dewa United ini cukup mengejutkan, karena saat itu Persebaya justru sedang menguasai jalannya pertandingan. Hanya saja, lini belakang skuad Munster lengah dan membuka peluang bagi tim tamu untuk kembali mencetak gol.

Tak berhenti sampai di situ, Ricky Kambuaya kembali lakukan aksi individual dari tengah lapangan dan berhasil melewati beberapa pemain belakang Persebaya. Ricky kemudian berbagi peluang dengan Alex Martins, yang tak disia-siakan Alex untuk mencetak gol ketiga Dewa United di menit 72. GOL!

Persebaya Hanya Diperkuat 10 Pemain di Akhir Laga

Wildan Ramdani punya peluang emas yang harusnya bisa membawa Persebaya mengejar ketertinggalan mereka. Namun, peluang yang tercipta di menit ke-76 itu hanya melambung ke atas gawang Sonny Stevens.

Hanya satu menit sebelum laga normal usai, Persebaya kehilangan Ripal Wahyudi akibat kartu merah setelah pemain itu lakukan pelanggaran berat terhadap Egy Maulana Vikri.

Tim Bajul Ijo yang sebenarnya bermain lebih baik di babak kedua, kini hanya diperkuat 10 pemain di penghujung pertandingan.

Susunan Pemain Persebaya Surabaya vs Dewa United

  • Persebaya Surabaya (4-3-3): Andhika Ramadhani; Arief Catur, Yan Victor, Dusan Stevanovic, Reva Adi Utama; M Iqbal, Kadek Raditya, Andre Oktaviansyah; Robson Duarte, Paulo Henrique, Bruno Moreira.
  • Dewa United (4-4-2): Sonny Stevens; Atalariq Ballah, Brian Fatari, Risto Mitrevski, Robby Darwis; Febri Eka, Theo Numberi, Ricky Kambuaya, Egy Maulana Vikri; OJ Porteria, Alex Martins.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!