Persib Bandung Punya Pelatih Baru, Siapa Sebenarnya Bojan Hodak?

Gila Bola – Persib Bandung akhirnya punya pelatih baru! Sempat dibidani Yaya Sunarya di satu laga usai mundurnya Luis Milla, kini Maung Bandung diyakini akan tampil lebih meyakinkan di bawah asuhan Bojan Hodak. Siapa dia sebenarnya?

Pelatih asal Kroasia ini direkrut Persib Bandung dari Kuala Lumpur FC. Tim kebanggaan warga Jawa Barat ini telah mencapai kesepakatan dengan pemain 52 tahun tersebut dan mengumumkannya secara resmi pada Rabu (26/7) siang ini, meskipun tiga jam sebelum artikel ini diturunkan Hodak masih berada di klub Malaysia itu.

Diungkapkan Wakil CEO Persib Bandung, Teddy Tjahjono, pihaknya sangat berharap pelatih yang lahir di Zagreb itu bisa tingkatkan level permainan dan prestasi skuad Pangeran Biru yang tengah terpuruk saat ini.

Apalagi, Bojan Hodak memiliki reputasi yang tak perlu diragukan. Bersama Hodak – yang pernah mengasuh PSM Makassar pada tahun 2020 tapi terhenti akibat pandemi itu, Teddy menyatakan Persib Bandung akan bangkit dan wujudkan mimpi menjadi klub empat besar.

Di Malaysia, Hodak sempat membawa Kuala Lumpur FC melaju ke final Piala Malaysia tahun ini, yang sayangnya kalah dari Johor Darul Ta’zim.

Diharapkan Tularkan Kesuksesan di Persib Bandung

Di samping itu, Hodak juga pernah mengasuh Kelantan FA dan juga Johor Darul Ta’zim – yang sukses menjadi jawara Liga Super Malaysia pada tahun 2012 dan 2014 bersamanya.

Dalam situs resmi Persib Bandung diungkapkan pula, Bojan Hodak juga pernah sukses membawa Kelantan FC menjadi juara Piala FA Malaysia dan Piala Malaysia, masing-masing pada tahun 2012 dan 2013.

Ia bahkan pernah berkarir di Kamboja, Hodak sukses membawa Phnom Penh Crown menjadi juara liga di tahun 2011. Di samping itu, Bojan Hodak juga pernah mengasuh Timnas Malaysia U17 di era 2017 hingga 2019.

Dengan panjangnya daftar prestasi Hodak, Teddy sangat berharap pelatih itu juga bisa mendongkrak prestasi dan peringkat Persib Bandung di Liga 1 Indonesia musim ini.

Persib Bandung akan Diasuh Pelatih Berlatar Belakang Keluarga Militer

Masih di awal musim, Persib sudah berganti pelatih dan akan diasuh Bojan Hodak yang memiliki latar belakang keluarga militer, di mana ayah dan kakak laki-lakinya merupakan anggota tentara di Kroasia.

Di awal karirnya sebagai atlet – sekitar tahun 1990, selain sepak bola Hodak juga menekuni bola basket, tetapi kemudian tak memilih salah satu di antara keduanya.

Ketika itu, tak ada satupun anggota keluarga yang menyemangatinya, karena memang tak ada sejarah keluarga menekuni dunia olah raga. Namun, Hodak bermain sepak bola dan basket untuk bersenang-senang, hingga kemudian ketika usianya menginjak 16 tahun, ia direkrut klub lokal, NK Trnje, dan tinggalkan bola basket untuk fokus menemuni sepak bola.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!