Persija dan Borneo Imbang, Keduanya Jadi Tim Spesialis Draw

Gila Bola – Keinginan Thomas Doll agar Persija Jakarta hattrick kemenangan gagal tercapai. Dalam laga Rabu malam (9/8), mereka ditahan imbang oleh Borneo, menggagalkan usaha tim ibukota untuk merebut puncak klasemen Liga 1 Indonesia.

Tim yang berbasis di Stadion Segiri di Samarinda itu bahkan unggul lebih dulu melalui gol Stefano Lilipaly menit 14, sebelum Rizky Ramadhani menyamakan skor 1-1 jelang akhir babak pertama.

Tidak ada gol lagi setelah itu. Koleksi satu poin si Macan Kemayoran gagal membawa tim merah menguasai puncak klasemen. Padahal Madura United di jam yang sama menderita kekalahan 3-1 oleh RANS Nusantara.

Persija Kini di Urutan Ketiga Klasemen

Kegagalan meraih poin penuh menyebabkan Persija hanya menghuni ranking ketiga klasemen sementara Liga 1 Indonesia dengan 12 poin, terpaut satu di bawah tim posisi satu dan dua, Madura United dan Barito Putera.

Yang disebut terakhir ini baru saja menang dua jam lalu secara dramatis atas Dewa United, hasil dari gol menit terakhir oleh Runtukahu Eksel.

Dengan demikian posisi satu diisi Laskar Sappe Kerab dengan 13 poin dari tujuh pertandingan, kemudian disusul Barito Putera dengan nilai sama, 13. Baru kemudian Persija dengan poin 12 dan di bawah mereka RANS yang menang atas Madura United.

Secara mencolok Persija memiliki tiga hasil imbang, termasuk salah satu yang terbanyak. Sama banyaknya dengan hasil imbang RANS, Persis Solo dan PSS Sleman. Tetapi Borneo lebih banyak lagi.

Empat hasil imbang tim Kalimantan ini dari tujuh laga pekan pertama hanya bisa disamai oleh Persib Bandung, tim posisi 16 yang baru satu kali memperoleh kemenangan.

Persija Sudah Luar Biasa Dominan Tapi Masih Gagal Menang

Anak-anak Thomas Doll terlihat sudah mematuhi instruksi pelatih mereka itu dengan tampil dominan selama 90 menit, bahkan mencapai 71 persen penguasaan bola selama babak pertama.

Namun dalam hal percobaan gol, yang hanyatiga kali saja, Rizky Ramadhani dan rekan-rekannya kalah banyak dari tim asal Samarinda itu yang mencatatkan empat kali percobaan serangan.

Persija juga lebih aktif dalam melakukan passing-passing, hampir dua kali lipat dari ada yang dilakukan Borneo, namun masih gagal menemukan gol tambahan. Demikian juga jumlah passing yang mencapai tujun, hampir dua kali lipat tim tamu.

Sisi Positif Hasil Imbang Persija vs Borneo

Sekalipun gagal mencapai hattrick kemenangan, Macan Kemayoran masih bisa melihat sisi positif dari hasil laga Kamis malam ini, yaitu keberhasilan menghindari kekalahan.

Dalam hal head to head, sudah empat kali Borneo berhasil mengalahkan Persija dalam lima pertemuan terakhir, termasuk skor 3-1 terakhir kalinya pada 8 Maret 2023.

Sementara itu dua pertemuan sebelum ini, saat skuad Thomas Doll menang 1-0 berkat gol dari Firza Andika, itu merupakan satu-satunya kemenangan tim ibukota atas Borneo.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!