Sudah Punya Pelatih, Kok Persis Solo Rekrut Eks Juru Taktik Timnas Filipina?

Gila Bola – Kejutan datang dari Persis Solo menjelang bergulirnya Liga Indonesia 2023/24. Klub berjuluk Laskar Sambernyawa resmi datangkan Josep Ferre.

Nama Josep Ferre tidak asing lagi untuk sepak bola Asia Tenggara. Pelatih berpaspor Spanyol itu sebelumnya pernah tangani timnas Filipina.

Kedatangan Josep Ferre tentu saja membuat dikalangan suporter dan pecinta sepak bola bingung. Pasalnya Persis Solo sudah punya pelatih kepala, yakni Leonardo Medina yang sudah memoles tim sejak kompetisi musim lalu.

Lalu, yang menjadi pertanyaan apakah Leonardo Medina bakal terdepak? Tentu saja tidak. Berikut ini alasan Persis Solo mendatangkan Josep Ferre.

Tujuan Rekrut

Seperti diketahui, Leonardo Medina menangani tim tak sendirian. Ia ditemani oleh asisten Eko Purdjianto. Namun Ayah dari pemain sepak bola gelendang Persija, Syahrian Abimanyu dilepas ke PSIS Semarang.

Akibatnya, posisi asisten pelatih sempat kosong dan Persis Solo memilih mendatangkan Josep Ferre sebagai penggantinya. Tentu saja hal ini menarik karena Coco sapaan akrabnya sebelumnya jadi pelatih kepala dan sekarang turun menjadi asisten.

Sementara kedatangan Josep Ferre jelas akan memudahkan Leonardo Medina dalam berkomunikasi, terutama dalam meracik tim Persis Solo di musim 2023/24. Berdasarkan situs transfermarkt, ia dikontrak sampai Mei 2024.

Persis Solo 

Dengan datangnya Josep Ferre kedalam tim kepelatihan Persis Solo, ini bukti Laskar Sambernyawa tidak main-main untuk berkompetisi di Liga Indonesia 2023/24.

Pasalnya baik Jose Ferre dan Leonardo Medina memiliki lisensi kepelatihan yang sama, yakni UEFA Pro. Di sisi lain, Persis juga serius menatap musim baru. Salah satunya memboyong Ramadhan Sananta dari PSM Makassar.

Striker lokal itu, musim lalu mengemas 11 gol dalam 24 penampilan dan membawa PSM juara Liga 1 2022/23. Sedangkan dua legiun asingnya Moussa Sidibe dan Diego Bardanca.

Reaksi Josep Ferre

Dikutip dari situs resmi klub, Josep Ferre sangat senang sekarang bisa menjadi bagian Persis Solo dan bekerja sama dengan Leonardo Medina. Ia bakal berupaya membantu Laskar Sambernyawa finis di papan atas Liga Indonesia.

Selain timnas Filipina, Josep Ferre pernah jadi pelatih kepala di tim asal Thailand Bangkok Glas dan Ratschaburi FC. Kemudian satu klub di liga Puerto Rico. Tes perdana duet kepelatihannya dengan Leonardo Medina adalah lawan Jeonbuk Hyundai Motors, Sabtu (17/6).

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!