Akhirnya Tottenham Hotspur Kembali Menang, The Magpies Kalah Dua Beruntun

Gila Bola – Malam menyenangkan Tottenham Hotspur kembali ke jalur kemenangan usai lima kali gagal meraih tiga poin. Tapi sebaliknya Newcastle United menderita dua kekalahan beruntun.

Spurs menang dengan empat gol lawan satu atas tamunya, the Magpies, yang menandai kali pertama pasukan Ange Postecoglou itu kembali meraih tiga poin setelah lima kegagalan. Di saat yang sama pasukan Eddie Howe kehilangan kesaktiannya untuk keenam kalinya musim ini.

Destiny Udogie, yang pada laga Liga Inggris sebelum ini menjadi penyebab kekalahan Spurs, menebus kesalahannya dengan mencetak gol pertama timnya, sebelum Richarlison dua kali menjauhkan jarak pada akhir babak pertama dan pertengahan paruh kedua. Penalti Son Heung-min pada menit 84 menutup parade gol tuan rumah.

Satu-satunya gol hiburan dicetak oleh Joelinton pada menit kedua injury time, yang merupakan gol kedua si pemain Brasil itu sejauh musim ini.

Pertandingan di kota London ini berlangsung secara berbeda antara kedua babak. Selama 45 menit pertama the Lilywhites lebih dominan dengan perbandingan penguasaan bola 65:35, sementara paruh kedua lebih didominasi tamunya dengan perbandingan 41:59.

Namun usaha the Magpies mencari gol penyama kedudukan gagal tercapai, malah kebobolan gol ketiga menit 60 dari Richarlison dan penalti sang kapten Spurs akibat pelanggaran Kieran Trippier, sebelum Joelinton melesakkan gol mepet akhir.

Secara keseluruhan Tottenham lebih agresif dengan 23 kali percobaan gol, 12 serangan tepat sasaran, dan empat berubah menjadi gol. Coba bandingkan itu dengan tim tamu yang hanya mencatatkan delapan kali upaya gol, dua saja yang terarah on target ke gawang Guglielmo Vicario. Satu menjadi gol.

Spurs Menang, Tapi Tidak Naik Peringkat

Mengapa? Karena perolehan tiga poin Spurs malam ini tidak membuatnya mampu mengejar perolehan poin Manchester City di atasnya yang memiliki nilai 33. Posisi klasemen adalah, City di urutan empat dan the Lilywhites di posisi kelima dengan poin 30.

Tottenham hanya menjauh dari Manchester United di ranking keenam dengan 27 poin, saat Setan Merah akan bertemu Liverpool pada pekan berikutnya dan kemungkinan akan kehilangan poin.

Di saat yang sama Son Heung-min dan rekan-rekannya akan tandang ke Nottingham Forest pada pekan 17 dan kemungkinan akan mendapatkan tambahan tiga poin.

Newcastle Kalah, Tapi Tidak Turun Peringkat 

Hal sebaliknya dialami oleh Miguel Almiron dan rekan-rekannya. Kalah, tapi tidak turun peringkat. Mengapa? Karena selisih gol yang dimilikinya, +12, masih lebih baik daripada Brighton di peringkat selanjutnya dengan +5. Kedua tim sama-sama memiliki 26 poin.

Namun ini menjadi kekalahan keenam kalinya dari pasukan Eddie Howe itu, yang sudah lebih buruk daripada performa mereka musim silam.

Musim 2022/23 lalu, tim yang dimiliki pemerintah Arab Saudi itu kalah hanya lima kali saja sepanjang musim, menang 19 kali dan imbang 14 kali. Total nilai 71 di akhir musim.

Sepertinya jumlah nilai yang sama tidak akan tercapai oleh Newcastle kali ini dengan 16 pertandingan sejauh ini hanya menghasilkan 26 poin saja.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!