Alasan Burnley vs The Hatters Malam Ini Dikategorikan Laga Bergengsi

Gila Bola – Sejarah Burnley dan Luton Town menjadikan pertemuan kedua tim malam ini di Turf Moor akan menjadi laga bergengsi. Keduanya sama-sama tim promosi, sama-sama bekas tim Championship, dan sama-sama butuh kemenangan.

Pertandingan the Clarets kontra the Hatters akan berlangsung pada Sabtu dinihari (13/1) pukul 02.45 WIB. Keduanya saat ini terdampar di zona degradasi dengan Burnley memiliki 11 poin saja di urutan 19, sedangkan Luton 15 poin dan mengisi posisi 18 klasemen.

Sebuah kemenangan bagi pasukan Vincent Kompany akan membawa anak buahnya menempel tipis skuad Rob Edwards di papan klasemen Liga Inggris, dengan selisih satu poin saja.

Perjalanan Luton ke Premier League Lebih Mengesankan

Burnley terkenal ke seluruh dunia saat menjadi tim pertama yang memastikan promosi ke Premier League tujuh pekan sebelum berakhirnya musim kemarin, 2022/23. Namun musim anyar di divisi teratas sepak bola Inggris terbukti tidak semudah di Championship.

Jika nyaris sepanjang musim 2022/23 mereka menguasai puncak klasemen divisi kedua sepak bola Inggris tersebut maka sudah setengah musim berlalu di divisi teratas, dan coba lihat di mana posisi mereka sekarang.

Sebaliknya bagi Luton Town, perjalanan mereka ke Premier League sungguh fenomenal karena sampai dengan enam musim silam, 2017/18 mereka masih menghuni, tahu di mana? Divisi keempat sepak bola Inggris, atau League Two!

Sudah empat musim mereka terdampar di League Two, sebelum mengakhiri musim itu di urutan kedua dan promosi ke League One untuk 2018/19. Tahu berapa lama mereka di divisi ketiga itu? Satu musim saja!

Tepat pada 2019/20 mereka sudah menghuni divisi kedua, Championship, dan secara perlahan merambat naik dari posisi 19 pada musim pertamanya, lalu posisi 12, ranking keenam dan akhirnya urutan ketiga, untuk naik ke Premier League pada 2023/24.

Sejarah Head-to-head Burnley vs Luton Town

Luton empat musim terakhir berada di Championship, sementara itu Burnley baru semusim setelah terdegradasi dari Premier League pada akhir 2021/22. Pada kali terakhir mereka terdegradasi, 2015/16, the Hatters belum menghuni divisi ini.

Itu sebabnya hanya ada tiga pertemuan antara kedua tim ini, yang relevan untuk ditampilkan. Dua kali di divisi kedua musim silam, dan satu kali di divisi teratas pada musim ini.

Mari kita mulai dari musim terbaru. Skor pertemuan terbaru kedua tim usai 1-2 saat laga dilangsungkan di Kenilworth Road, Oktober 2023 lalu.

Sementara itu dua head-to-head saat keduanya berada di Championship musim lalu, berakhir dengan skor 0-1 bagi kemenangan the Clarets, dan imbang 1-1.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!