Alasan Kenapa Liverpool Tanpa Mohamed Salah Tak Boleh Buang Banyak Poin

Mohamed Salah meninggalkan Liverpool untuk membela negaranya di Piala Afrika, dan ada beberapa alasan kenapa fans The Reds tak perlu khawatir tanpa kehadirannya tapi jangan sampai buang poin juga, ini alasannya!

Kita harus melihat jauh ke belakang untuk melihat bagaimana Liverpool bisa hidup tanpa kehadiran Mohamed Salah, itu adalah saat pertandingan melawan Southampton di mana The Reds menang dengan skor 2-1.

Dan bahkan sejatinya Mo Salah jarang sekali meninggalkan skuad Jurgen Klopp, tercatat ia hanya absen sebanyak 10 pertandingan Liga Inggris selama enam setengah tahun membela Liverpool.

Dan kini ia akan absen kurang lebih hingga empat laga Liverpool selama sebulan ke depan. Itu akan bergantung sejauh mana timnas Mesir melaju di Piala Afrika. Selain empat pertandingan Preier League tersebut, Salah juga akan absen pada empat pertandingan lainnya di Piala FA dan Piala EFL.

Tapi tetap saja Mo Salah akan dirindukan bagi semua fans Liverpool meski tim mereka bisa bertahan tanpa kehadirannya. Ini wajar jika melihat angka statistik berikut ini.

Salah mendominasi catatan di ajang Liga Inggris untuk keterlibatan gol sebanyak 22 kali, dan telah mencetak sebanyak 14 gol dan 8 assist sejauh ini.

Dia mencatatkan angka tertinggi untuk umpan kunci per-90 menit sebanyak dengan rata-rata 2,44 kali, umpan progresif sebanyak 5,13 kali, dan umpan terobosan dengan 0,67 kali per 90 menit, jadi memang Salah adalah tipe pemain yang membuat permainan Liverpool sangat menghibur.

Dalam 10 pertandingan Premier League yang telah Mo Salah lewatkan selama ini, Liverpool menorehkan 24 poin, memenangkan tujuh pertandingan dan tiga hasil seri.

AYO JOIN CHANNEL WHATSAPP GILABOLA.COM UNTUK MENDAPATKAN UPDATE TERBARU SEPUTAR SEPAK BOLA! KLIK DI SINI GIBOLERS!

Mereka dulu bermain imbang 1-1 dengan Manchester United pada Oktober 2019 tanpa Salah, berkat gol penyama kedudukan dari Adam Lallana pada menit ke-85, dan dua kali bermain imbang tanpa gol melawan Everton di Goodison Park, pertama pada April 2018 dan kedua pada Juni 2020.

Meskipun Liverpool memenangkan tujuh pertandingan lainnya, empat pertandingan di antaranya dengan selisih hanya satu gol, dan dua kemenangan, pertama melawan Burnley pada Januari 2018 dan Crystal Palace pada November 2019, The Reds selalu menang lewat gol telat pada menit ke-85 atau lebih.

Dan terakhir kali Salah absen untuk ajang Piala Afrika, skuad Jurgen Klopp dengan mudah mengalahkan Brentford dan Crystal Palace, masing-masing dengan skor 3-0 dan 3-1. Mantap kan!

Bintang asal Mesir ini juga berpotensi akan absen dalam pertandingan Premier League melawan AFC Bournemouth, Chelsea, Arsenal, dan Burnley, tapi kembali pada penampilan Mesir di Piala Afrika nanti, mungkin saja ia bisa kembali lebih awal.

Sebenarnya, jika Mesir gagal lolos dari babak grup, Salah akan kembali pada waktu yang tepat saat menghadapi Chelsea pada 31 Januari nanti. Tetapi anggap saja dia akan absen untuk empat pertandingan liga.

Setidaknya tiga dari empat pertandingan tersebut tak terlalu berat bagi Liverpool, dan punya peluang besar untuk meraih poin penuh sekalipun tanpa Mo Salah.

Untuk lebih menghibur bagi anda para fans Liverpool, tim Klopp memiliki Expected Goals atau nilai xG tertinggi di Premier League sebesar 44,1 dan telah melepaskan 374 tembakan, jauh lebih banyak daripada Spurs yang terbaik berikutnya, yang telah menghasilkan 319 peluang.

Tentu saja, Salah punya andil besar mewujudkan angka-angka inda tersebut, tetapi kekuatan lini serang Liverpool secara keseluruhan menunjukkan masih ada peluang besar untuk mengalahkan Bournemouth dan juga melawan Burnley di Anfield, jadi seharusnya absennya Salah tidak akan terlalu berdampak.

Satu ancaman bagi Liverpool adalah saat melawan Arsenal di Emirates Stadium, dan mungkin di saat yang sama nanti, Kevin De Bruyne dan Erling Haaland sudah akan kembali bisa membela Manchester City.

Dalam periode waktu yang sama, Man City akan menghadapi Newcastle United, Burnley, Brentford, dan Everton di Premier League, itu adalah sejumlah pertandingan yang bisa membuat CIty punya peluang mengejar selisih lima poin dari Liverpool.

Itu artinya, Liverpool tidak boleh kehilangan banyak poin selama absennya Mohamed Salah, kalau sampai tersandung, makan skuad Pep Guardiola akan menerkam mereka dari belakang!